Home / ... Info Terkini / Berita Umum / 26 April 2018 Deklarasi LHKPN Cagub-Cawagub Maluku

26 April 2018 Deklarasi LHKPN Cagub-Cawagub Maluku

MEDIACENTER.-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku akan melaksanakan pembekalan dan deklarasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen transparansi calon pemimpin daerah, sehingga dipantau oleh publik dan tidak terjebak dalam skandal korupsi.

“Pelaksanaan deklarasi laporan harta kekayaan penyelenggara sebagai calon kepala daerah. Ini kelas khusus dengan pasangan calon, dan itu wajib diikuti oleh pasangan calon,”ujar Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun kepada tim tiga pasangan calon di sela Rakor pelaksanaan dan pengawasan kampanye Pilgub di lantai 2 kantor KPU Maluku, Rabu 21 Maret kemarin.

Rifan menjelaskan, pembekalan ini merupakan agenda KPK dengan nama kegiatan “pembekalan Pilkada berintegritas”. Setelah pembekalan, dilanjutkan dengan deklarasi LHKPN tiga pasangan calon, yakni Said Assagaff-Anderias Rentanubun (SANTUN), Murad Ismail-Barnabas Orno (BAILEO), dan Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT).

Kegiatan ini direncakan berlangsung pada 26 April di aula rapat kantor Gubernur Maluku. KPU akan mengundang tiga pasangan calon secara resmi.

“Itu sebenarnya agenda KPK melaksanakan deklarasi LHKPN, khsususnya yang melaksanakan Pilkada, baik provinsi, maupun kabupaten dan kota. Rencananya akan dilaksanakan di aula kantor gubernur,”tukas Rifan.

Diberitakan Ambon Ekspres sebelumnya, KPK telah mengumumkan LHKPN calon kepala daerah seluruh Indonesia. Untuk Pilkada Maluku, Said Assagaff tercatat memiliki kekayaan terbanyak, yakni Rp 28.972.290.280 dengan tanggal lapor 28 Desember 2017. Sedangkan kekayaan Murad Ismail (bakal calon gubernur) sebesar Rp 11.894.817.160, dengan tanggal lapor 1 Januari 2018. Dan harta kekayaan Herman Koedoeboen (balon gubernur) pada 2011 sebesar Rp 3.166.009.901.(*)

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku