Home / ... Info Terkini / Berita Umum / 5 Hari, Hasil Pileg Kota Tual Masih Dibedah

5 Hari, Hasil Pileg Kota Tual Masih Dibedah

AMBON-Tim Kecil yang dibentuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi  Maluku hingga Jumat (2/5) ini masih terus membedah hasil pemilu legislatif (pileg)  Kota Tual yang bermasalah. Penghitungan ulang atau bedah hasil pileg ini dilakukan hingga ke tingkat Panitia Pemilihan Setempat (PPS) disejumlah Kecamatan di Kota Tual.

Sebelumnya bedah hasil rekapitulasi penghitungan suara Kota Tual telah dilakukan ditingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) namun karena masih ditemui sejumlah masalah, bedah kemudian dilturunkan ke tingkat PPS.

Bedah hasil rekapitulasi pileg Kota Tual ini telah berlangsung selama lima hari di Kantor KPU Maluku di Jalan Sultan Hasanudin Ambon. Pantauan Media Centre KPU Maluku, bedah ulang hasil pileg Kota Tual ini belum dapat diselesaikan karena masih ditemukan kecurangan yakni adanya pergeseran suara partai politik dan suara calon legislatif.

Akibatnya protes dan penolakan dari sejumlah saksi partai politik terhadap pergeseran angka-angka perolehan suara diinternal partai politik masih terus terjadi. Pergeseran angka perolehan suara terjadi di lima partai politik.

Protes dari para saksi partai politik terkait kisruh hasil rekapitulasi suara Kota Tual ini bahkan sempat memanas beberapa kali, namun tidak sampai menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Komisioner KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun berharap bedah hasil pleno rekapitulasi Kota Tual ini agar segera selesai sehingga pihaknya dapat fokus untuk merekapitulasi hasil pileg kabupaten lainnya.”Kita berharap agar bedah hasil pleno rekapitulasi Kota Tual ini dapat segera selesai agar kita bisa selesaikan yang lainnya,”ujarnya. (NT)

Check Also

PPK Pilkada 2020 Kabupaten SBT, Kepulauan Aru, Bursel dan MBD telah diumumkan

Sabtu 15 Februari 2020 secara serentak KPU Kabupaten SBT, Kepulauan Aru, Bursel dan MBD telah ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku