Home / ... Info Terkini / Berita Umum / 5 Lembaga Lakukan Quick Count Pilgub Maluku

5 Lembaga Lakukan Quick Count Pilgub Maluku

bMEDIACENTER.—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku telah merilis lima lembaga survei yang akan melakukan hitung cepat (Quick Count) Pilkada Gubernur Maluku 27 Juni 2018. Hitung cepat tersebut hanya sebagai penghhitungan suara sementara, karena penentuan jumlah suara pasangan calon akan ditetapkan sesuai rekapitulasi secara berjenjang.
Lima lembaga tersebut,yakni Indikator, Indobarometer, Lingkaran Survei Indonesia-Konsultan Citra Indonesia (LSI-KCI), Sinergi Data Indonesia (SDI) dan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) .
“Sudah kita keuarkan surat keterangan terdaftar dan memenuhi persyaratan sesuai PKPU nomor 8 tahun 2018,”kata Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun dalam konferensi pers kesiapan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di lantai 2 kantor KPU Provinsi Maluku, Selasa (26/6).
Rifan menjelaskan, hitung cepat ini hanya merupakan bagian dari pemantauan masyarakat terhadap proses pemungutan dan penghitungan suara lewat lembaga survei. Hasil perolehan suara pasangan calon gubernur dan waki gubernur Maluku secara resmi baru akan diketahui setelah penghitungan dan rekapitulasi suara secara berjenjang dari TPS, PPK, KPU kabupaten/kota dan KPU Provinsi.
Rifan menambahkan, untuk menjaga keakuratan data jumlah perolehan suara pasca pencoblosan, KPU juga telah menyediakan aplikasi Sistem Perhitungan Suara (SITUNG). Mekanismenye, setelah penandatanganan form model C dan C1-KWK oleh KPPS, langsung dicatat dan diupload ke aplikasi tersebut, yang diupayakan paling lambat tiga hari setelah pemilihan.
“Kita juga telah luncurkan sistem perhitungan (Situng). Mekanisme kerjanya pasca pencoblosan dimana, telah ditandatangani fom model C dan C1 KWK oleh KPPS. Data tersebut lansung dicatat dan di upload ke dalam sistem aplikasi tersebut,” jelas Rifan. (MC_01)

Check Also

Pengumuman Pendaftaran Seleksi Calon Anggota KPU Kota Ambon, Kota Tual, Kabupaten Bursel, Kepulauan Aru dan MBD Periode 2019-2024

Tim Seleksi II   Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota (Zona 2) mengundang Warga Negara Indonesia ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku