Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Audit Dana Kampanya Pileg Maluku Masih Berlangsung

Audit Dana Kampanya Pileg Maluku Masih Berlangsung

AMBON-Kantor Akuntan Publik (KAP) yang ditunjuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku hingga kini masih mengaudit dana kampanye partai politik (Parpol) dan calon Anggota Legisltafi (Caleg) di masing-masing daerah di Maluku.

Di Provinsi Maluku sendiri ada enam KAP, setiap KAP diberikan tanggungjawab untuk mengaudit dua Parpol, dan saat ini proses pengauditannya masih terus berlangsung. Setelah selesai mangaudit, hasil audit tersebut akan diserahkan ke KPU Provinsi Maluku untuk diumumkan ke publik.

Ketua Pokja Dana Kampanye, Denny Finontoan yang dikonfirmasi Media Centre KPU Maluku, Jumat (23/5) mengakui, hingga kini pihaknya masih melakukan pengauditan di masing-masing daerah, sehingga belum bisa diketahui pasti hasilnya seperti apa.

“KAP masih melangsungkan pengauditan. Yang jelas kita butuh pengoreksian yang konfrehensip agar tidak ada kesalahan dalam proses pengauditan nanti,” ujarnya.

Dia mengakui, mungkin dari sekian KAP yang ada di Indonesia, Maluku yang mengalami keterlambatan dalam menyampaikan laporan dana kampanye ke publik, hal demikian terjadi lantaran KPU Provinsi Maluku baru memberikan laporan ke KAP di masing-masing daerah pada 7 Mei lalu. Semestinya menurut Denny, laporan tersebut sudah harus diberikan sejak 25 April lalu.

Meski demikian, lanjut Denny, pihaknya tidak mau terburu-buru. Karena harus dicermati dan diteliti secara baik. Ia juga menginginkan proses pengauditan yang dilakukan KAP harus otentik. Karena tidak menutup kemungkinanan ada lembaga-lembaga lain yang memiliki data pembanding.

“Kita harus berhati-hati dalam melakukan proses pengauditan, karena bisa jadi ada lembaga-lembaga lain yang memiliki data pembanding,” ujarnya.

Dia mengatakan, mungkin sepekan kedepan pihaknya sudah bisa mengumumkan hasil audit dana kampanye karena sudah hampir selesai. “Kita berharap proses pengauditannya secepatnya selesai, supaya bisa diumumkan ke publik,” harapnya.

Denny menambahkan, saat ini KPU Provinsi Maluku juga dihadapkan dengan jadwal pelelangan logistik Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), sehingga pihaknya terus berusaha agar audit dana kampanye bisa berjalan secepat mungkin. (NT)

Check Also

2 Berkas Calon Perseorangan Diterima 1 Ditolak

Bakal Pasangan Calon Perseorangan pada Pilkada 2020 telah ditetapkan Status dokumennya pertanggal 26 Februari 2020 ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku