Home / ... Info Terkini / Bakal Pasangan Calon Walikota & Wakil Walikota Ambon “PANTAS” dan “PAPARISA BARU” mendaftar di KPU Kota Ambon

Bakal Pasangan Calon Walikota & Wakil Walikota Ambon “PANTAS” dan “PAPARISA BARU” mendaftar di KPU Kota Ambon

Jumat, 23 September 2016 bertempat di Ruang Rapat KPU Provinsi Maluku, Bakal Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Ambon atas nama : Paulus Kastanya dan Muhammad Armyn Syarif “Sam” Latuconsina dengan Akronim “PANTAS”,    serta Bakal Pasangan Calon  :  Richard Louhenapessy dan Syarif Hadler (PAPARISA BARU), resmi mendaftarkan diri  di KPU Kota Ambon.   pendaftaran-walikota-ambon-pantas3 Sejak Tahapan Pendaftaran dibuka pada tanggal 21 s.d 23 September 2016, pada hari terakhir pendaftaran ini, PANTAS adalah Bakal Pasangan Calon pertama yang mendaftar ke KPU Kota Ambon pada pukul 10.30 WIT disusul oleh PAPARISA BARU pada pukul 18.00 WIT. pendaftaran-walikota-ambon-pantas1

pendaftaran-walikota-ambon-paparisa-baru0 Proses pendaftaran pasangan PANTAS  didampingi oleh Sembilan Partai Koalisi (PDI-P, PKB, PKS, PAN, Hanura, PBB, Gerindra, Demokrat, PKPI) disertai Tim pemenangan dan Relawan.   Berkas pendaftaran pasangan ini diserahkan langsung oleh Ketua Tim Pemenangan PANTAS, Edwin Adrian Huwae beserta Sekretaris Tim, Phil Latumerissa kepada Ketua KPU Kota Ambon, Marthinus Kainama  dan  turut disaksikan langsung juga oleh Anggota KPU Provinsi Maluku, La Alwi, SH., MH   beserta  Panwaslih Kota Ambon. pendaftaran-walikota-ambon-pantas2 Sedangkan pendaftaran Pasangan PAPARISA BARU  didampingi oleh Tiga Partai Koalisi (Golkar, PPP, Nasdem) disertai Tim pemenangan dan Relawan, menyerahkan berkas pendaftaran kepada Ketua KPU Kota Ambon melalui Sekretaris Tim Pemenangan,  Reza Bahawares. pendaftaran-walikota-ambon-paparisa-baru1 Penelitian Syarat Mutlak Pencalonan pun dilakukan oleh KPU Kota Ambon terhadap berkas pendaftaran kedua bakal pasangan calon tersebut berupa :

  • Persyaratan pengajuan Bakal Pasangan Calon oleh Parpol atau Gabungan Parpol yang paling sedikit memperoleh 20% kursi atau 25% akumulasi suara sah.
  • Didaftarkan oleh pengurus Partai Politik tingkat Kota Ambon dengan melampirkan SK Kepengurusan.
  • Melampirkan SK DPP Partai Poltik (Rekomendasi) tentang persetujuan pasangan calon.

Dari hasil penelitian terhadap ketiga syarat mutlak Pencalonan tersebut ditemukan bahwa : Pasangan PANTAS yang dicalonkan oleh 9 (sembilan) Partai Politik Pengusung, terdapat 1 Partai Politik yang tidak memenuhi syarat pencalonan  yaitu Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKP-Indonesia)  sehingga dicoret dan tersisa menjadi 8 (delapan) Partai Politik Pengusung diantaranya yaitu :

  1.  Partai Kebangkitan Bangsa (PKB),  Jumlah Kursi 2
  2.  Partai Keadilan Sejahtera (PKS),  Jumlah Kursi 2
  3.  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P),  Jumlah Kursi 5
  4.  Partai Gerindra,   Jumlah Kursi 4
  5.  Partai Demokrat,   Jumlah Kursi 4
  6.  Partai Amanat Nasional (PAN),  Jumlah Kursi 1
  7.  Partai Hati Nurani Rakyat  (Hanura),  Jumlah Kursi 3
  8.  Partai Bulan Bintang (PBB),  Jumlah Kursi 2

Sehingga total jumlah Kursi untuk 8 Partai Politik Pengusung Pasangan PANTAS adalah sebanyak 23 Kursi dan dinyatakan  telah memenuhi syarat minimal 20% Kursi dari 35 Kursi (7 Kursi). Sedangkan Pasangan PAPARISA BARU yang dicalonkan oleh 3 (tiga) Partai Politik pengusung semuanya dinyatakan  memenuhi syarat, diantaranya yaitu :

  1. Partai Nasdem, Jumlah Kursi 3
  2. Partai Golkar, Jumlah Kursi 4
  3. Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Jumlah Kursi 3

Total jumlah Kursi untuk 3 Partai Politik Pengusung Pasangan PAPARISA BARU adalah sebanyak 10 Kursi dan dinyatakan  memenuhi syarat minimal 20% Kursi dari 35 Kursi (7 Kursi).

Setelah terpenuhi syarat utama dalam proses pendaftaran, tahapan selanjutnya adalah Tahapan Penelitian terhadap kelengkapan Syarat-syarat Calon dan juga Tahapan Pengumuman Dokumen Syarat Pasangan Calon di Laman KPU,  untuk mendapat masukan dan tanggapan masyarakat  pada tanggal 23 s.d 29 September 2016.
Bakal Pasangan Calon yang  memenuhi syarat, akan ditetapkan sebagai Pasangan Calon pada tanggal 24 Oktober dan pengundian nomor urut dilaksanakan tanggal 25 Oktober 2016.   (wn)

Check Also

RAPAT KOORDINASI KPU PROVINSI, KPU KABUPATEN/KOTA DAN DUKCAPIL KABUPATEN/KOTA PENYELENGGARA PILKADA SERENTAK TAHUN 2017

Sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan Rapat Evaluasi DPS dan Persiapan DPT antara KPU RI, KPU ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku