Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Banyak Pelanggaran, KPU Evaluasi Kinerja KPPS

Banyak Pelanggaran, KPU Evaluasi Kinerja KPPS

AMBON-KPU Maluku akan mengevaluasi sejumlah Kelompok Penyelenggara Pengumutan Suara (KPPS) yang terbukti melakukan kecurangan dan pelanggaran saat berlangsungnya pemungutan suara 9 April lalu.

Menurut Syamsul Kubangun, Komisioner Bidang Hukum KPU Maluku, tindakan pelanggaran dan kecurangan yang dilakukan KPPS tidak bisa ditolerir, karena telah mencederai aturan Pemilu. ‘’Mereka akan kami evaluasi kinerjanya dengan indikasi banyak pemungutan suara ulang (PSU) yang terjadi pasca 9 April,’’tegas Syamsul dalam diskusi publik Media Centre KPU Maluku di Cafe Barista Ambon, Sabtu (12/04).

Syamsul menegaskan, ada dua hal yang harus dievaluasi terkait pelanggaran dan kecurangan tersebut, karena PSU tidak selamanya merupakan kesalahan dari KPPS, ‘’ Kesalahan juga bisa dilakukan oleh pemilih yang menggunakan Formulir C6 yang difotocopy sehingga bisa mencoblos berulang kali,’’ungkap Syamsul.

Jika kesalahan dilakukan oleh KPPS, menurut Syamsul, biasanya karena membagikan surat suara sisa untuk digunakan oleh para saksi, selain itu, KPPS juga bisa melakukan kecurangan dengan mencoblos sendiri surat suara tersebut sesuai pesanan caleg tertentu.

Namun menurut Syamsul, bisa saja PSU dilakukan karena persoalan teknis tertukarnya surat suara dari dapil satu ke dapilnya. Karena itu, menurutnya, setiap KPPS yang melakukan PSU akan dievaluasi kinerjanya. ‘’Kami tidak akan menggunakan lagi petugas KPPS yang terbukti melakukan pelanggaran, dan langsung diganti dengan petugas yang baru,’’tegas Syamsul.

Sementara itu menurut anggota Bawaslu, Lusi Peilouw, para petugas KPPS selama ini memang merupakan petugas yang sudah menjadi petugas KPPS dari pemilu ke pemilu dan selalu direkrut kembali pada pemilu berikutnya. ‘’Integritas petugas KPPS yang sudah menjadi petugas berulang kali disetiap pemilu memang cenderung melakukan kecurangan dan pelanggaran, karena sudah menjadi budaya dalam setiap pemilu, ‘’ katanya. (NT)

Check Also

2 Berkas Calon Perseorangan Diterima 1 Ditolak

Bakal Pasangan Calon Perseorangan pada Pilkada 2020 telah ditetapkan Status dokumennya pertanggal 26 Februari 2020 ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku