Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Besok, 1.149,990 Warga Maluku Memilih Pemimpin

Besok, 1.149,990 Warga Maluku Memilih Pemimpin

MEDIACENTER.—Sebanyak 1.149,990 warga Maluku yang tersebar di 11 kabupaten/kota, 118 kecamatan dan 1.231 desa akan menyalurkan hak pilih mereka dalam proses pemilihan gubernur-wakil gubernur Maluku 2018, Rabu 27 Juni.  Hal tersebut disampaikan Koordinator Devisi Teknis, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku, La Alwi dalam konfrensi pers, Selasa (26/6) di Ruang Media Centre KPU, Maluku.

Alwi menegaskan, sesuai UU dan PKPU, maka pemilih harus terdaftar di DPT dan mendapatkan form C6 atau pemberitahuan waktu dan tempat memilih, serta wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) atau Suket dari Dinas Catatan Sipil (Capil) setempat.

“Untuk pemelihan serentak, pemilih yang terdaftar di TPS adalah pemilih yang terdaftar di DPT, mendapatkan form C6 kemudian datang membawakan form C6 ke TPS dan e-KTP/Suket dari Capil setempat,’ kata Alwi.

Pemilih yang telah terdaftar dalam DPT akan tetapi karena satu dan lain hal tidak dapat melakukan pencoblosan sesuai dengan alamatnya, maka pemilih ini mencoblos di TPS dengan menunjukan form A5 KWK atau surat keterangan pindah memilih. Kategori pemilih ini datang ke TPS dengan alamat yang dituju, dengan menunjukan e-KTP dan mereka akan didaftar dalam form A4 dan mencoblos mulai pukul 07-13.00 WIT.

Sebagian pemilih yang namanya tidak terdaftar dalam DPT, bukan pemilih pindahan atau tidak mengantongi A5, akan tetapi memiliki e-KTP/Suket yang dikeluarkan Disdukcapil. Pemilih kategori ini dapat melakukan hak pilihnya di TPS, sesuai dengan alamat dalam e-KTP. Mereka diperbolehkan mencoblos, satu jam sebelum penutupan.

“Jadi ada kategori untuk pemilih, pertama; terdaftar di DPT dan mendapatkan form C6 atau pemberitahuan waktu dan tempat memilih, serta wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) atau Suket dari Dinas Catatan Sipil (Capil) setempat. Kedua ; Pemilih yang telah terdaftar dalam DPT akan tetapi karena satu dan lain hal tidak dapat melakukan pencoblosan sesuai dengan alamatnya, maka pemilih ini mencoblos di TPS dengan menunjukan form A5 KWK atau surat keterangan pindah memilih. Kategori pemilih ini datang ke TPS dengan alamat yang dituju, dengan menunjukan e-KTP dan mereka akan didaftar dalam form A4 dan mencoblos mulai pukul 07-13.00 WIT, dan ketiga adalah ; pemilih yang namanya tidak terdaftar dalam DPT, bukan pemilih pindahan atau tidak mengantongi A5, akan tetapi memiliki e-KTP/Suket yang dikeluarkan Disdukcapil. Pemilih kategori ini dapat melakukan hak pilihnya di TPS, sesuai dengan alamat dalam e-KTP. Mereka diperbolehkan mencoblos, satu jam sebelum penutupan,” katanya.

Mengenai distribusi form C6 KWK, sesuai PKPU 8 dan panduan, sampai dengan H-1 sebelum pencoblosan,maka warga yang terdaftar di DPT sudah harus mendapatkan C6,  tapi jika petugas tidak mendapatkan orangnya, dengan alasan meninggal dunia dll, maka harus dikembalikan. Sampai dengan saat ini, akui Alwi, masih ada pemilih yang belum peroleh C6, secara resmi KPU Maluku belum mendapatkan laporan maupun informasi dari KPU masing-masing kabuapten/kota terkait keterlambatan atau kendala distribusi atau penyaluran C6. Jika keterlambatan mungkin soal teknis.

“Distribusi form C6 KWK, sesuai PKPU 8 dan panduan, sampai dengan H-1 sebelum pencoblosan,maka warga yang terdaftar di DPT sudah harus mendapatkan C6,  tapi jika petugas tidak mendapatkan orangnya, dengan alasan meninggal dunia dll, maka harus dikembalikan. Sampai dengan saat ini, akui Alwi, masih ada pemilih yang belum peroleh C6, secara resmi KPU Maluku belum mendapatkan laporan maupun informasi dari KPU masing-masing kabuapten/kota terkait keterlambatan atau kendala distribusi atau penyaluran C6. Jika keterlambatan mungkin soal teknis,” akuinya. (MC_02)

Check Also

Pengumuman Pendaftaran Seleksi Calon Anggota KPU Kota Ambon, Kota Tual, Kabupaten Bursel, Kepulauan Aru dan MBD Periode 2019-2024

Tim Seleksi II   Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota (Zona 2) mengundang Warga Negara Indonesia ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku