Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Bimtek Sengketa Hasil Pilkada Diikuti Anggota KPU Maluku, Tual, Malra

Bimtek Sengketa Hasil Pilkada Diikuti Anggota KPU Maluku, Tual, Malra

Almudatsir Sangadji anggota KPU Maluku berpose usai mengikuti kegiatan di Mahkamah Konstitusi RI beberapa waktu lalu.

 MEDIACENTER.–Koordinator Divisi Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi dan kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada serentak, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) pembekalan di Pusdiklat Pancasila dan Kontitusi, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, 3 -5 April 2018. Pembekalan ini untuk menghadapi gugatan sengketa hasil pemilihan kepala daerah. Kordiv Hukum KPU Maluku, Almudatsir Sangadji yang mengikuti kegiatan tersebut mengatakan, bimtek dan pembekalan tentang persepektif sengketa dan teknik penyusunan jawabak dari KPU sebagai pihak termohon.

“Yang dibekali di sana adalah perspektif sengketanya, teknis penyusunan jawaban termohon dan bukti-bukti yang relevan untuk mengantisipasi kalau ada pasangan calon yang menggugat KPU,”kara Almuadtsir di ruang kerjanya, Senin (9/4).

Almudatsir belum memastikan, adanya potensi gugatan terhadap hasil Pilkada Gubernur dan wakil Gubernur Maluku, Bupati dan wakil Bupati Maluku Tenggara, serta Walikota dan wakil Walikota Tual.Namun, sebagai pihak termohon dalan sengketa hasil Pilkada, KPU perlu dibekali untuk menjawab gugatan pemohon atau pasangan calon. “Dalam sengketa hasil, yang digugat itu adalah keputusan KPU tentang rekapitulasi dan penetapan perolehan suara, dan KPU sebagai pihak termohon. Olehnya itu, KPU harus siap sejak awal,”jelasnya.

Syarat gugatan Perseslihan Hasil Pemilihan (PHP) kepala daerah diatur dalam pasal 158 Undang-Undang nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Pasal ini menjelaskan, gugatan perselisihan hasil Pilkada dapat dilakukan jika terjadi perselisihan suara minimal di bawah 2 persen.

“Kalau selisih perolehan suara di bawah 2 persen, berarti ada kemungkinan dilakukamn gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK),”jelasnya. Selain Almudatsir, koordinator divisi hukum KPU Kabupaten Maluku Tenggara dan KPU Kota Tual juga mengikuti kegiatan tersebut.(MC1)

Check Also

Pengumuman Pendaftaran Seleksi Calon Anggota KPU Provinsi Maluku Periode 2019-2024

Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku mengundang Warga Negara Indonesia yang ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku