Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Diskusi Publik Media Center KPU Maluku Diapresiasi

Diskusi Publik Media Center KPU Maluku Diapresiasi

AMBON-Diskusi publik tentang pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) yang digelar Media Center KPU Maluku di  Cafe Barista, Kota Ambon, Sabtu (12/4) mendapat apresiasi dari sejumlah kalangan. Bagaimana tidak, diskusi publik dengan menghadirkan Ketua dan anggota KPU Maluku  Musa Latua Toekan, Rifan Samsul Kubangun  serta komisioner Bawaslu Maluku Lusia Peilouw,merupakan hal baru di Ambon.

Program Manager Jaringan Pendidikan Pemilu Untuk Rakyat (JPRR) Maluku   Lies Marantika menyatakan, selama ini komisioner KPU Maluku  jarang tampil dalam diskusi dihadapan publik secara terbuka. Dengan kegiatan tersebut menurut Lies, komisioner  KPU Maluku membuka ruang seluas-luasnya kepada publik untuk mengakses informasi tentang kepemiluan di KPU Maluku.

 

“Seharusnya memang KPU Maluku terlibat dalam kegiatan diskusi publik, yang selama ini kesannya berada di ruangan tertutup. Dengan  diskusi seperti ini,  jarak antara KPU dan publik makin dekat. Kami berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan lagi,” kata  Lies dalam diskusi publik yang digelar Media Center KPU Maluku.

Peserta diskusi publik tersebut adalah jurnalis, organisasi kemahasiswaan, LSM, aktivis  perempuan dan pemerhati pemilu di Maluku.  Tidak hanya Lies, Musa juga menyambut baik dan mengapresiasi  diskusi publik tersebut.Karena menurutnya, diskusi publik tersebut memberi ruang kepada KPU Maluku untuk menjelaskan berbagai persoalan kepemiluan yang terjadi di Maluku. Musa berharap kepada Media Center KPU Maluku, ke depan diskusi publik juga melibatkan calon anggota legislatif (Caleg), partai politik dan calon anggota DPD RI.

“Kegiatan seperti ini  dapat membantu KPU  untuk menjelaskan tugas – tugas  kami seluas-luasnya kepada publik terkait masalah kepemiluan. Kami tetap membuka diri untuk kepentingan publik,” kata Musa.

Sementara itu Direktur Moluccas Democratization Voice  (MDV), Rizal Sangadji, yang hadir dalam diskusi tersebut juga berharap KPU Maluku terus menggelar kegiatan seperti ini dari kafe  ke kafe di Kota Ambon. “Di Ambon, budaya diskusi publik  seperti ini jarang dilalukan, karena itu kami berharap kegiatan seperti terus dilakukan lagi,” katanya. (NT)

Check Also

2 Berkas Calon Perseorangan Diterima 1 Ditolak

Bakal Pasangan Calon Perseorangan pada Pilkada 2020 telah ditetapkan Status dokumennya pertanggal 26 Februari 2020 ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku