Home / ... Info Terkini / Berita Umum / DPS Pilpres Kota Ambon Berjumlah 262.969

DPS Pilpres Kota Ambon Berjumlah 262.969

AMBON-Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) atau Pilpres untuk Kota Ambon yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon   berjumlah 262.969 pemilih. DPS tersebut tengah dimuktahirkan petugas. Ketua KPU  Kota Ambon, Marthinus Kainama saat menyampaikan laporan dalam Rapat Kerja Pemuktahiran DPS PPWP di Hotel Ambon Manise (Amans), Senin (19/5)  mengatakan, jumlah DPS tersebut mengacu pada Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Khusus (DPK), Daftar Pemilih Tambahan (DPTB), dan Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTB).

 

Dia mengatakan, KPU Kota Ambon sudah menyerahkan jumlah DPS tersebut ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk dilakukan pemuktahiran di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan saat ini proses pemuktahirannya sementara  berjalan. “Kita sudah menyerahkan DPS Pilpres ke 5 PPK di Kota Ambon dan telah diserahkan ke PPS untuk dimuktahirkan di tingkat RT/RW,” ujarnya.  Kainama menyatakan, DPS tersebut bisa mengalami perubahan karena petugas PPS masih melakukan pemuktahiran data. Dalam pemutakhiran data tersebut, petugas pemutakhiran memeriksa identitas pemilih, termasuk  NIK KTP pemilih.

Jika terdapat pemilih ganda,identitasnnya tidak jelas  atau pemilih yang sudah meninggal dunia  maka petugas langsung mencoret. Sebaliknya jika ada warga yang belum terdaftar maka petugas mendata nama mereka agar terdafatar dalam DPS.

“Kami minta warga untuk memantau pemutahiran DPS yang sedang dilakukan petugas, jika ditemukan ada pemilih yang dobel, identitasnnya tidak jelas  bisa melaporkan sehingga petugas langsung mencoret. Begitu juga kalau ada warga yang belum terdaftar  dapat melaporkan kepetugas sehingga bisa didata masuk DPS,” katanya.  Ia menyebutkan, setelah dilakukan pemutahiran, DPS tersebut kemudian diserahkan ke KPU Kota Ambon untuk ditetapkan menjadi DPT  PPWP . (NT)

Check Also

Upacara Bendera dalam Rangka Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019

Sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang bangsa, dan sesuai Surat Edaran ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku