Home / ... Info Terkini / Berita Umum / DPS Pilres di Kepulauan Aru, Maluku 62.016

DPS Pilres di Kepulauan Aru, Maluku 62.016

DOBO– Daftar pemilih sementara (DPS) Pemilu Presiden dan wakil Presiden (Pilres) sudah  ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Aru.  DPS tersebut juga sudah diserahkan KPU ke Panitia Pemungutan Suara (PSS) lewat  Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kepulauan Aru untuk dimutahirkan lagi.

Komisioner KPU Kepulauan Aru,  Yoseph Sudarso Labok menyatakan,DPS Pilpres  yang ditetapkan berjumlah 62.016, mengacu dari daftar pemilih tetap (DPT), daftar pemilih tambahan (DPTB), daftar pemilih khusus (DPK) dan daftar pemilih khusus tambahan (DPKTB) Pemilu Legislatif (Pileg) lalu. “DPS Pilpres sudah  kami  serahkan ke  PPS lewat PPK, untuk dilakukan pemutahiran data pemilih  oleh petugas PPS, “ kata Labok  ketika dihubungi kepada Media Center KPU Maluku,Sabtu (17/5).

Ia menyatakan,  PPS di Kepulauan Aru yang berjumlah 119 daerah itu saat ini melakukan pemutahiran data DPS. Petugas melakukan pencocokan data pemilih di   tingkat RT/RW. Pencocokan data pemilih tersebut diantaranya  berupa identitas, seperti nomor induk KTP, tempat tanggal lahir, alamat pemilih dan kartu keluarga.

Setelah dimutahirkan, DPS tersebut diumumkan oleh petugas PPS kepada masyarakat, sehingga  bila  ada warga yang belum terdaftar atau namanya ganda  bisa dikoreksi   agar didaftar dalam DPS atau dihilangkan dari  DPS Pilpres. “Saat ini, proses pemutahiran sementara berjalan di tingkat PPS, kami berharap warga bisa memantau  proses pemutahiran  dan pengumuman DPS, sehingga bila ada yang belum  terdaftar bisa dimasukan, dan bila ada warga yang namanya ganda  bisa dikoreksi  lagi,” kata Labok. Setelah proses pemutahiran selesai, DPS tersebut kemudian diserahkan lagi ke PPK  untuk selanjutnya dilakukan penetapan menjadi DPT Pilpres oleh KPU. (NT)

Check Also

Upacara Bendera dalam Rangka Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019

Sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang bangsa, dan sesuai Surat Edaran ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku