Home / ... Info Terkini / Berita Umum / DPS Pilres di SBB, Maluku Berjumlah 137.939

DPS Pilres di SBB, Maluku Berjumlah 137.939

AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Provinsi Maluku,  menyerahkan daftar pemilih sementara (DPS) Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) ke  11 Panitia Pemilihan Kecamatan (PKK)  di  wilayah tersebut. DPS yang diserahkan  itu berjumlah 137.939. Dari PPK, DPS tersebut kemudian diserahkan lagi ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten SBB untuk dilakukan pemutahiran.


Komisioner KPU SBB, Syarif Hehanussa mengatakan, jumlah  DPS Pilpres tersebut mengacu  pada daftar pemilih tetap (DPT), daftar pemilih tambahan (DPTB), daftar pemilih khusus (DPS), dan daftar pemilih khusus tambahan (DPKTB) pemilu legislatif (Pileg) April lalu. “DPS Pilpres sudah kita serahkan ke PPK, dan  diserahkan lagi  ke PPS untuk dilakukan pemutahiran data. Pemutahiran DPS Pilpres tengah  dilakukan petugas PPS di wilayah masing-masing,” ujar  Hehanussa saat dihubungi Media Center  KPU Maluku, Sabtu (17/5).

Ia mengatakan, proses pemutahiran DPS Pilpres oleh PPS sudah berjalan sejak pekan kemarin di tingkat RT/RW. Petugas mencocokan identitas warga yang terdaftar dalam DPS Pilpres tersebut. Petugas  PPS kemudian mengumumkan DPS tersebut sehingga warga bisa mengetahuinya.  Saat pengumuman tersebut, jika ada warga yang belum terdaftar dalam DPS dapat  melaporkan ke PPS sehingga bisa didata.

Selain itu, bila ditemukan warga yang terdaftar ganda dalam DPS, dapat dilaporkan sehingga bisa  dikoreksi lagi oleh petugas PPS.   “Setelah pemutahiran DPS Pilpres selesai digarap petugas PPS, data-data tersebut akan diserahkan ke PPK dan selanjutnya diserahkan ke KPU untuk ditetapkan menjadi DPT,” ujarnya. (NT)

Check Also

PENGUMUMAN NOMOR : 2/PP.06-PENG/8101/KPU-KAB/I/2019 TENTANG LAPORAN PENERIMAAN SUMBANGAN DANA KAMPANYE PESERTA PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019 TINGKAT KABUPATEN MALUKU TENGAH

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN MALUKU TENGAH PENGUMUMAN NOMOR :  2/PP.06-PENG/8101/KPU-KAB/I/2019 TENTANG LAPORAN PENERIMAAN SUMBANGAN DANA KAMPANYE ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku