Home / ... Info Terkini / Berita Umum / DPT Pilpres Kota Ambon Ditetapkan

DPT Pilpres Kota Ambon Ditetapkan

AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon resmi menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) Tahun 2014 untuk Kota Ambon.

DPT tersebut ditetapkan Komisioner KPU Maluku, Abdul Khalil Tianotak didampingi dua orang komisioner lainnya dalam Rapat Pleno Penetapan DPT Pilpres Tahun 2014 di Hotel Ambon Manise, Senin (9/6) petang kemarin.

Penetapan DPT Pilpres Kota Ambon ini juga disaksikan Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

DPT yang ditetapkan KPU Kota Ambon itu berjumlah 265.747 pemilih. Penetapan dilakukan setelah Panitia Pemilihan Suara (PPS) dan PPK memverifikasi serta melakukan singkronisasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Pemutakhiran (DPSHP) Pilpres yang sudah dilakukan ditingkat desa dan kelurahan.

Sebelum DPT tersebut ditetapkan, KPU Kota Ambon bersama Panwaslu dan PPK melakukan pengoreksian ulang terhadap data pemilih ganda. Pantauan Media Centre KPU Maluku, pihak – pihak tersebut melakukan pengoreksian terhadap 56 pemilih ganda yang terdapat di PPK Sirimau.

Dalam pengoreksian itu, mereka bersama – sama membuka DPSHP yang sudah dimutakhirkan petugas PPS ditingkat desa dan kelurahan, kemudian melakukan pengoreksian ulang.  Setelah dilakukan pengoreksian, KPU Kota Ambon lalu menetapkan DPT tersebut.

Sebelumnya DPS Pilpres di Kota Ambon berjumlah 262.969 pemilih, namun setelah dimutakhirkan oleh putugas PPS, jumlah tersebut bertamba menjadi 265.747 pemilih, yang kemudian ditetapkan menjadi DPT Pilpres.

Menurut Tianotak, DPT yang sudah ditetapkan oleh KPU Kota Ambon akan diserahkan ke KPU Maluku untuk selanjutnya ditetapkan kembali di tingkat provinsi. “DPT ini akan kami serahkan ke KPU Maluku untuk di ditetapkan ditingkat provinsi,” katanya. (NT)

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku