Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Hari Ini, KPU Maluku Sampaikan Jawaban ke MK

Hari Ini, KPU Maluku Sampaikan Jawaban ke MK

AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku,Rabu (28/5) hari ini akan menyampaikan jawaban atas materi gugatan yang disampaikan pemohon baik Parpol maupun calon anggota DPD RI  di Mahkamah Konstitusi (MK), dalam sidang lanjutan perkara  Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Provinsi Maluku.

KPU RI, KPU Maluku  selaku termohon  didampingi tim kuasa hukum  dari Kantor Pengacara Adnan Buyung Nasution akan memberikan tanggapan sebagai jawaban atas permohonan gugatan yang diajukan pemohon.

KPU RI, KPU Maluku bersama KPU kabupaten/kota yang digugat terkait hasil Pemilu Legislatif (Pileg) di Maluku sudah menyiapkan  jawaban atas  permohonan gugatan tersebut.

“Sidang akan dilanjutkan Rabu ini, dimulai pukul 11.00 WIB, dengan agenda pembacaan jawaban termohon menjawab materi gugatan pemohon baik Parpol maupun calon anggota DPD RI. KPU RI, KPU Maluku dan KPU Kabupaten/kota yang digugat sudah sangat siap menghadapi gugatan termasuk menjawab permohonan pemohon,” kata komisioner KPU Maluku La Alwi saat dihubungi Media Center KPU Maluku, Rabu (28/5).

Ia menyatakan, jawaban KPU ini merupakan kesempatan yang diberikan majelis hakim MK  menanggapi materi gugatan pemohon yang sudah disampaikan dalam dua kali persidangan di MK.

Dalam dua kali persidangan itu, majelis hakim MK memberi kesempatan kepada pemohon untuk menyampaikan permohonan dan pemeriksaan perbaikan permohonan dari pemohon. “Ini kesempatan bagi kita untuk menanggapi apa yang mereka sengketakan di MK,” katanya.

Untuk   Maluku, ada  delapan Parpol dan tiga calon anggota DPD RI yang  menjadikan objek sengketa perolehan suara hasil Pileg di Provinsi Maluku ke MK.

Delapan Parpol dan tiga calon anggota DPD RI yang menjadikan objek sengketa hasil Pileg  di Maluku ke MK yakni,  Partai  NasDem, Partai Gerindra, PKS, PDIP, Partai Golkar, Partai Demokrat, PAN dan  Partai Hanura. Sementara Nono Sampono, La Ode Salimin dan Mohammad Ramli Uswanas  dari calon anggota  DPD RI.

La Alwi  menyebutkan sidang dalam bentuk pleno  dihadiri seluruh  hakim MK,  dipimpin langsung Ketua MK Hamdan Zoelva. Setelah jawaban dari KPU, sidang akan dilanjutkan dengan jawaban dari pihak – pihak  terkait. Setelah itu dilakukan sidang  pembuktian dan pemeriksaan saksi baik dari pemohon maupun termohon. “Setelah itu baru sidang putusan,” katanya.

La Alwi bersama  komisioner KPU Maluku Samsul Rivan Kubangun, saat ini berada di Jakarta untuk mengikuti sidang gugatan Parpol dan calon anggota DPD RI di MK.  (NT)

Check Also

PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN TAHUN 2020

Sesuai Amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,  khususnya : Pasal 14 huruf ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku