Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Imbau Masyarakat Mengecek Nama di DPS

Imbau Masyarakat Mengecek Nama di DPS

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku menghimbau warga untuk mengecek nama di Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku tahun 2018 yang telah diumumkan oleh masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa/kelurahan.

“Sejauh ini kami dari Provinsi, telah memberikan peringatan atau worning kepada KPU Kabupaten/Kota, agar memberikan pengumuman dimasyarakat guna memastikan pemilih yang sudah termasuk pada pilgub kali ini. Apakah mereka sudah terdaftar atau belum dalam DPS, oleh PPS,”ujar Ketua KPU Maluku Syamsul Rivan Kubangun kepada wartawan dikantor KPU usai kegiatan diskusi dengan sejumlah media di kota Ambon, Sabtu (24/3).

Dikatakan, KPU Kabupaten/Kota, melalui Panitia Pemilihan Kecamatam (PPK), harus memberikan perhatian khusus kepada PPS tingkat desa, terkait perbaikan DPS. Ini penting, karena DPS merupakan jantung dari total jumlah pemilih yang nantinya ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) oleh KPU.

” Untuk perbaikan sementara masih dilakukan tingkat PPS setelah itu, diserahkan ke PPK tingkat kecamatan. Kemudian PPK melanjutkan ke KPU masing-masing. Yang kita harapkan adalah, warga yang sudah termasuk sebagai pemilih harus terkafer namanya dalam DPS. Ini perlu agar kedepan, tidak terjadinya protes kepada PPS nanti,” kata Rivan.

Pada 17 Maret lalu, KPU Maluku telah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) berjumlah 1.196.182..Jumlah tersebut dapat pertambah atau berkurang sangat tergantung hasil kerja PPS saat perbaikan. “Sebanyak 1.196.182, yang sudah kita tetapkan sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS), jumlah ini pastinya ada perubahan terjadi kenaikan atau pengurangan, tergantung hasil perbaikan dari rekan-rekan PPS. Makanya kita himbau, sebelum diserahkan ke PPK, pastikan dulu semuanya sudah terdaftar, sehingga tidak ada masalah dikemudian hari,” ingatnya.

DPT merupakan hal yang paling terpenting dalam setiap pemilihan kepala daerah wakil kepala daerah, Presiden Wakil Presiden maupun pemilu legislatif. Karena DPT merupakan tolak ukur, total jumlah pemilih pada suatu daerah, dari tahun ke tahun. Olehnya itu, dalam tahapan perbaikan saat ini harus diteliti secara baik. “Kita akan mengetahui secara pasti, baik ditingkat Kabupaten maupun Provinsi, terkait perkembangan jumlah pemilihnya pertahun peningkatannya berapa. Sehingga lewat kesempatan ini, teman-teman PPS harus jelih dalam melakukan pendataan dilapangan jangan sampai terjadi kesalahan yang dapat merugikan kita sendiri,” ungkapnya.(*)

Check Also

PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN TAHUN 2020

Sesuai Amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,  khususnya : Pasal 14 huruf ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku