Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Komisioner 4 KPU tak Hadiri Pleno Penetapan DPT Pilpres Provinsi Maluku

Komisioner 4 KPU tak Hadiri Pleno Penetapan DPT Pilpres Provinsi Maluku

AMBON -Cuaca buruk dan tinggi gelombang yang terjadi disejumlah perairan Maluku menyebabkan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) empat Kabupaten di Maluku batal hadir untuk mengikuti rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Presiden dan wakil presiden (Pilpres) provinsi Maluku di Ambon, Rabu (11/6) hari ini.

Komisioner empat KPU yang batal hadir mengikuti pleno penetapan DPT Pilpres tersebut yakni komisioner KPU Maluku Barat Daya (MBD), Komisioner KPU Maluku Tenggara Barat (MTB), Komisioner KPU Buru Selatan dan Komisioner KPU Kabupaten Buru.

Komisioner KPU Maluku, Hanafi Renwarin kepada wartawan di Hotel Amans tempat berlangsungnya pleno penetapan DPT Pilpres mengatakan, selain cuaca yang buruk, kendala transportasi juga menjadi faktor ketidakhadiran seluruh komisioner di empat kabupaten itu.

“Komisioner empat KPU tersebut batal hadir karena cuaca yang sangat buruk saat ini. Selain itu tidak adanya transportasi baik laut maupun udara menyebabkan mereka tidak bisa datang kesini.”kata Hanafi.

Karena tidak bisa hadir, komisioner  empat KPU tersebut kata Hanafi hanya bisa mengirim hasil DPT dimasing-masing daerah melalui email.”DPT dari MTB dan MBD datanya sudah dikirim melalui email saya namun untuk data dari MBD masih ada perubahan lagi. Kalau DPT dari Buru Selatan dan Buru juga sudah dikirim.”kata Hanafi.

Menurut Hanafi, kondisi cuaca buruk dan gelombang tinggi di perairan Maluku juga telah diperingatkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sehingga dengan pertimbangan itu komisioner KPU di empat kabupaten itu batal dating ke Ambon.

“Soal cuaca buruk ini kita juga mendpatkan informasi ini dari BMKG. Sehingga kita bisa memahami ketidakhadiran mereka.”ungkapnya.

Hingga sore ini,  rapat pleno KPU Maluku untuk menetapkan DPT Pilpres provinsi Maluku belum seselai dilakukan, karena masih menunggu perbaikan DPT dari Kabupaten Maluku Barat Daya. (NT)

 

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku