Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Kotak Suara Tiga TPS di Desa Kamariang Belum Juga Dihitung

Kotak Suara Tiga TPS di Desa Kamariang Belum Juga Dihitung

AMBON-Hingga hari keempat pasca pemungutan suara pemilihan legislatif (pileg) 9 April 2014, surat suara yang telah dicoblos di tiga tempat pemungutan suara (TPS) di Desa Kamariang, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku, hingga kini belum dihitung.

Kondisi ini disinyalir sebagai modus dari petugas TPS dan PPS setempat untuk mencurangi hasil pileg, demi menguntungkan caleg dan partai politik tertentu. Ironisnya petugas Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang hendak mengecek masalah itu malah diancam dan dihujani batu oleh petugas KPPS setempat.

“Sampai saat ini, ada tiga TPS di Desa Kamariang yang belum juga dihitung. Ini sangat rawan terjadinya kecurangan, dan kami kira penyelenggara di tingkat PPS di desa itu telah bermain untuk kepentingan caleg tertentu,” ungkap Ketua KPU Maluku Musa L Toekan, usai memberikan materi dalam diskusi pemilu yang digelar Media Cetre KPU Maluku, Sabtu (12/4/14) petang.

Musa L Toekan lantas mengintruksikan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan KPU setempat untuk segera mendesak penghitungan suara di tiga TPS itu. ”Saat ini proses rekapitulasi penghitungan suara itu sudah sampai ditingkat PPS sesuai target tanggal 17 april itu sudah harus direkap di tingkat kecamatan. Jadi kita sudah mendesak agar hasil pencoblosan di tiga TPS itu segera dihitung,” kata dia.

Komisioner Bawaslu Maluku, Lussy Peilow mengaku sesuai temuan di lapangan, diketahui petugas KPPS bersikeras untuk menghitung hasil pemungutan suara di tiga TPS itu karena kepentingan caleg tertentu. Dia juga mengaku jika Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang mencoba mengecek masalah itu juga diancam keselamatannya oleh caleg tertentu.

“Ada laporan ternyata sejumlah oknum penyelenggara yang ingin memanfaatkan celah untuk mengamankan caleg lain. Kami sudah berkoordinasi dengan panwaslu SBB dan besok kita akan turun ke lapangan,” ujar Lussy. (NT)

Check Also

2 Berkas Calon Perseorangan Diterima 1 Ditolak

Bakal Pasangan Calon Perseorangan pada Pilkada 2020 telah ditetapkan Status dokumennya pertanggal 26 Februari 2020 ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku