Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPPS Diingatkan, Lokasi TPS Harus Akses

KPPS Diingatkan, Lokasi TPS Harus Akses

MEDIACENTER-Pemilihan kepala serentak 2108 tersisa 89 hari lagi. Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) diingatkan untuk membuat Tempat Pemungutan Suara (TPS) dilokasi yang akses atau mudah dijangkau. Terutama bagi pemilih disabilitas.

“TPS itu harus betul-betul akses,” kata Alwi dalam arahannya kepada ketua dan anggota KPU kabupaten/kota Se-Maluku saat Rakor Koordinasi `Pemantapan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu Serentak 2018 di The City Hotel, Selasa (27/3) malam.

Ciri TPS akses adalag lokasi TPS tidak bertangga, tidak bertingkat, tidak berumput tebal dan tidak berpasir. Sementara untuk jalan menuju TPS tidak berbatu, tidak bergelombang, tidak berumput tebal, tidak terhalang parit dan selokan.

“Di Kudamati, Batu Gantung di tempat nun jauh, tinggi dan berbukit, memang kita tidak mungkin menggusur agar tanah itu rata. Tapi, kalau sudah di atas gunung, jangan di atas tangga lagi. Apalagi di rumah gantung,”jelas Alwi.

Hal ini penting diperhatikan. KPU Maluku selalu menggandeng pemilih disabilitas, terutama saat sosialiasi aturan maupun diskusi.

Namun, KPU masih kesulitan dalam mengidentifikasi jumlah pemilih disabilitas. “Pembentukan TPS harus perhatikan TPS akses. Ini kelompok disabilitas selalu kita gandeng untuk menyampaikan berkaitan dengan hak-hak kaum disabilitas. Tapi, dalam proses, kiat kesulitan melakukan identifikasi berapa jumlah disabilitas,”pungkasnya. (MC1)

Check Also

PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN TAHUN 2020

Sesuai Amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,  khususnya : Pasal 14 huruf ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku