Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU ARU GELAR DEBAT PUBLIK, HADIRKAN EMPAT PASLON

KPU ARU GELAR DEBAT PUBLIK, HADIRKAN EMPAT PASLON

Dobo – Dalam upaya memperkenalkan Figur maupun Visi-Misi serta Program Kerja pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepualauan Aru Tahun 2015 kepada Masyarakat luas, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Aru pada tanggal 5 Oktober 2015 menggelar debat Publik dengan menampilkan empat pasangan Calon yang telah ditetapkan KPU setempat.

Keempat pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Aru yang mengikuti Debat Terbuka diantaranya adalah Pasangan Calon dengan Nomor Urut :

Nomor Urut 1. dr. Johan Gonga – Muin Sogalrey, SE

Nomor Urut 2. Welhelm Daniel Kurnala, SH – Azis Goin

Nomor Urut 3. Obed Barends, B.Sc., S.Sos., M.Si – Elisa Lazarus Darakay, S.Ag

Nomor Urut 4. Drs. Godlief Ambrosius A. Ganiau, MS., S.AP., SE., M.Si – Djafrudin Hamu.

Debat terbuka tersebut dipandu oleh Prof. Ir. Yusuf Leiwakabessy, MS selaku Dosen Perikanan Universitas Pattimura Ambon dan disiarkan secara langsung oleh TVRI Maluku bekerja sama dengan TV Lokal/TV Kabel dan Radio Pemerintah Daerah (RPD) setempat dari Gedung Kesenian Sita Kena Dobo.

Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Aru, Viktor Sjair, S.Pi dalam kesempatan tersebut mengatakan Debat Publik perlu dilakukan karena selain dijamin dalam UU Pilkada  Nomor 8 Tahun 2015 dan PKPU Nomor 07 Tahun 2015 namun terpenting bagaimana pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Aru bisa menyampaikan ide, gagasan yang tertuang dalam Visi-Misi dan Program lima tahun kedepan.

“Kita berharap melalui debat publik, Pasangan Calon bisa menyampaikan Visi dan Misi dengan baik dan jelas sehingga bisa meyakinkan masyarakat untuk menentukan pilihannya.  Dan kepada masyarakat diharapkan memanfaatkan moment ini untuk melakukan pengkajian dan pencermatan dengan baik terkait dengan visi dan misi pasangan calon sebelum menetapkan pilihan,” ujar Ketua KPU Aru.

Debat Publik ini dihadiri oleh Komisioner KPU Kabupaten Kepulauan Aru, Pasangan Calon beserta masing-masing Tim Pendukung sebanyak 20 orang, Panwas Kabupaten Kepulauan Aru, Pimpinan Partai Politik Pendukung Pasangan Calon, Para Undangan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Forum Komunikasi Umat Beragama, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Aru, Pimpinan SKPD, dan Pers dari Media Cetak maupun media Elektronik.

Acara dilakukan dalam 4 Segment, Segment pertama yaitu Penyampaian Visi Misi masing-masing pasangan calon, Segment Kedua berupa pertanyaan dari Panelis kepada masing-masing pasangan calon, Segmen Ketiga yaitu Para Calon Bupati dan Wakil Bupati saling mengajukan pertanyaan kepada Pasangan Calon yang lain, dan Segment yang terakhir yaitu Closing Statement atau Pernyataan Penutup dari masing-masing Pasangan Calon.

Debat Publik dimaksud sedianya akan dilaksanakan lagi pada tanggal 16 November 2015 dengan Panelis Prof. Dr. Cipta Budy, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Pattimura Ambon.

Sesuai PKPU Nomor 07 Tahun 2015 junto Keputusan KPU Nomor Nomor 07 Tahun 2015 tentang kampanye Gubernur Wakil Gubenur, Walikota dan Wakil Walikota serta Bupati dan Wakil Bupati terdapat beberapa metode kampanye diantaranya, Kampanye Umum, Kampanye terbatas, debat publik dan iklan di media massa.  (ysl/wen)

Check Also

PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN TAHUN 2020

Sesuai Amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,  khususnya : Pasal 14 huruf ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku