Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Berkomitmen Transparan Menyampaikan Informasi Kepada Publik

KPU Berkomitmen Transparan Menyampaikan Informasi Kepada Publik

MEDIACENTER.-Banyak pihak menilai dinamika Pilkada Maluku sepi dari pemberitaan. Penilaian tersebut disampaikan saat diskusi yang dilakukan Media Centre KPU Maluku bersama sejumlah pimpinan media massa baik cetak, elektronik maupun online di gedung KPU Maluku, Jln Sultan Hassanudin, Kota Ambon, Sabtu 24 Maret 2018.

Ketua KPU Maluku, Syamsul R Kubangun menjelaskan, prinsipnya KPU sangat terbuka dengan informasi pentahapan pilkada Maluku. Memang, ada informasi yang harus disampaikan kepada publik dan juga ada yang tidak bisa disampaikan dan hanya menjadi konsumsi internal KPU Maluku jika itu diperintahkan aturan.

“Jadi soal keterbukaan informasi, kami sangat welcome kepada media. KPU Maluku pastikan pilkada berjalan secara transparan. Memang, ada informasi yang harus disampaikan kepada publik dan juga ada yang tidak bisa diharuskan untuk disampaikan kepada publik dan jika itu diatur dalam mekanisme,” terang Rifan kepada awak media yang hadir dalam diskusi Media Centre dengan tajuk “Pemberitaan Kampanye di Media Massa’.

Pernyataan Ketua KPU tersebut berkaitan dengan pertanyaan salah satu wartawan media cetak Maluku terkait dengan hasil pemeriksaan kesehatan bakal calon gubernur-wakil gubernur Maluku yang terkesan informasinya tertutup.

“Soal keterbukaan informasi, khusus pemeriksaan kesehatan, bahwa syaratnya adalah calon memenuhi sayarat jasmani dan rohani, dan bebas narkoba. Soal rekaman medic, kami tidak bisa mempublisnya, karena itu berkaitan dengan hasil pleno dari Ikatan Dokter. Intinya bahwa, kita (KPU Maluku) tidak alergi dan kaku terkait dengan informasi yang harus disampaikan kepada publik,” tegas Rifan.

Selain itu, Rifan juga mengintruksikan kepada pihaknya untuk membagikan jadwal kampanye pasangan calon yang telah ditetapkan.

Pasalanya, peserta diskusi yang adalah jurnalis di Maluku merasa sulit memperoleh informasi dan mengcover berbagai aktifitas kampanye pasangan calon kepada masyarakat dengan alasan tidak memiliki jadwal kampanye.

“Nanti setelah kegiatan diskusi saya suruh staf KPU Maluku untuk membagikan jadwal kampanye. Pasalnya, media merupakan instrument utama menyalurkan kampanye dari tim sukses atau relawan agar informasi tersampaikan kepada masyarakat. Terkait dengan pemberitaan dan informasi kampanye tim, sudah 34 hari dari 15 Februari proses kampanye berlansung,” tuturnya.(*)

Check Also

PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN TAHUN 2020

Sesuai Amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,  khususnya : Pasal 14 huruf ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku