Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Kabupaten dan Kota Harus Berdiri Tegak

KPU Kabupaten dan Kota Harus Berdiri Tegak

MEDIACENTER–Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten dan kota Se-Maluku diminta tidak memihak dan berjalan lurus dalam melaksanakan tahapan Pilkada Gubernur, Bupati  Maluku Tenggara dan Walikota Tual. Sebab, pelaksanaan Pilkada sesuai aturah adalah kepentingan utama lembaga penyelenggara itu.

“Saya minta KPU kabupaten/kota Se-Maluku, berdiri tegak dan berjalan lurus daam menjalankan tahapan penyelenggaran pemilihan gubernur dan wakil gubernur Maluku,”ajak anggota KPU Maluku, La Alwi saat penutupan Rapat Koordinasi (Rakor) pemantapan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 bersama KPU kabupaten/kota di The City Hotel, Kamis (29/3).

Selain Pilgub, Alwi secara khusus mengingatkan KPU Maluku Tenggara dan Kota Tual agar membantu KPU provinsi  mensukseskan Pilgub dan Pilkada di dua daerah tersebut.

“Kemudian, KPU Maluku Tenggara dan kota Tual, berdiri tegak dan berjalan lurus dalam membantu KPU provinsi menjalankan tahapan Pilgub, dan melaksanakan tahapan bupati dan wakil bupati Maluku Tenggara, dan Walikota dan wakil Walikota Tual,”ucapnya.

Ia menambahkan, kepentingan KPU hanyalah memastikan penyelenggara pesta demokrasi lokal lima tahunan akan mencapai puncaknya pada 27 Juni mendatang, sesuai aturan perundang-undangan. KPU, bauik anggota maupun staf dan pegawai tidak boleh memihak pasangan calon terrtentu.

“Tidak ada kepentingan lain bagi kita berkaitan dengan siapa yang harus terpilih, tetapi kepentingan kita adalah memastikan bahwa tahapan pemilihgan gubernur dan wakil gubernur Maluku berjalan sesuai prosedur, ketentuan peraturan perundang-undangan sampai dengan ditetapkan calon terpilih. Baik gubernur, wakil gubernur, walikota, wakil walikota, bupati dan wakil bupati Maluku Tenggara,”pungkasnya.

Alwi juga meminta anggota dan staf KPU kabupaten/kota agar langsung kembali ke daerah. Pasalnya, tersisa dua bulan lebih pemungutan dan penghitungan suara sudah dimulai, dan serangkaian tahapan yang segera dikawal.

“Saya minta KPU untuk segera kembali ke kabupaten/kota masing-masing. Tidak ada waktu untuk berlama-lama di ibukota provinsi, karena saat ini tahapan pelaksanaan perbaikan DPS sudah mencapai waktunya, yaitu tanggal 2 April. Selanjutnya, tanggal 3 sampai 7 April itu tahapan perbaikan DPS. Ini tahapan yang krusial dan genting,”pungkasnya.(MC1)

Check Also

Predikat Daerah Rawan Pilkada Dipatahkan 

MEDIACENTER.-Pilkada Gubernur Maluku, Bupati Maluku Tenggara dan Walikota Tual aman, lancar dan tanpa pelanggaran berarti. ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku