Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Kabupaten/Kota se Maluku Diminta Laporkan Logistik Pilpres

KPU Kabupaten/Kota se Maluku Diminta Laporkan Logistik Pilpres

AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku meminta KPU di seluruh kabupaten dan kota yang sudah menerima surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) segera melaporkan jumlahnya ke KPU Maluku. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jumlah surat suara Pilpres yang diterima KPU di daerah masih kurang. Karena informasi dari sejumlah pihak, surat suara Pilpres yang dikirim ke KPU kabupaten dan kota masih berpatokan dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April 2014.

“Saya minta KPU kabupaten dan kota yang sudah menerima surat suara Pilpres, segera melaporkan jumlah surat suara yang diterima, jangan sampai kurang. Karena ada informasi kalau surat suara yang dikirim itu masih menggunakan DPT Pileg,” kata Komisoner KPU Maluku Iriane Susiawaty Ponto kepada Media Centre KPU Maluku, Rabu (18/6). Menurut Ponto  jika surat suara yang dikirim berpatokan dengan DPT Pileg maka dengan sendirinya jumlah surat suara yang dikirim kurang, karena jumlah DPT Pilpres untuk setiap kabupaten dan kota di Maluku mengalami peningkatan.

DPT Pilpres untuk Maluku yang ditetapkan KPU berjumlah 1.216.296 pemilih terjadi peningkatan dari DPT Pileg  yakni 1.181.065 pemilih. “Karena itu kami minta komisioner KPU di daerah secepatnya melaporkan ke kita, kalau kurang akan kita minta tambahan ke KPU RI,”katanya.

Laporan juga terkait  kemungkinan adanya surat suara Pilpres yang diterima dalam keadaan rusak. Namun hal itu bisa diketahui setelah KPU setempat melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara.

Selain itu menurut Ponto, jika surat suara yang diterima KPU kabupaten dan kota melebihi agar dikembalikan untuk dimusnahkan. Sesuai aturan, jumlah surat suara yang harus didistribusi berdasarkan DPT kemudian ditambah dengan 2,5 persen. (NT)

Check Also

PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN TAHUN 2020

Sesuai Amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,  khususnya : Pasal 14 huruf ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku