Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU – Kejati Maluku Teken MOU Tangani Sengketa Pemilu

KPU – Kejati Maluku Teken MOU Tangani Sengketa Pemilu

AMBON– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku bersama Kejaksaan Tinggi Maluku, Kamis (3/4) menandatangani Momeradum Of Understanding (MOU) atau nota kerjasama untuk menangani gugatan sengketa Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April yang diajukan partai Politik maupun Caleg.

Penandatanganan MOU tersebut dilakukan Ketua KPU Maluku Musa Latua Toekan dan Kepala Kejaksaan Tinggi  Maluku I Gede Sudiatmaja di ruang kerja Kajati, yang disaksikan empat komisioner, sekertaris KPU Maluku Arsayd Rahawarin dan jajaran kejakasaan.

Toekan mengatakan pelaksaan Pemilu akan berjalan baik bila ada kerjasama, dan kesiapan dari seluruh lembaga hukum, dalam mengantisipasi berbagai permasalahan hukum yang akan muncul saat Pileg dan Pilpres mendatang. Ia mengakui berbagai kebijakan KPU nantinya  bisa memunculkan gugatan baik perdata maupun pidana.

“Penandatangan MoU ini,diharapkan ada kerjasama yang terjalin baik antara penyelenggara pemilu dan lembaga hukum, baik Kejaksaan dan aparat terkait lainnya, dalam menyelesaikan berbagai gugatan pemilu nantinya,” ujar Toekan dalam sambutannya.

Ia berharap Kejati Maluku bisa memberikan dukungan bila ada gugatan baik secara perdata maupun pidana  kepada KPU terkait Pemilu.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku I Gede Sudiatmaja mengatakan pihaknya akan menyiapakan puluhan jaksa untuk membantu pihak KPU Maluku dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilu.

“Kami sepakat untuk membantu penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU Maluku dalam menyelesaikan setiap gugatan hukum dari calon anggota DPD RI, Caleg   dan Partai Politik yang tidak puas atas putusan KPU Maluku,” ujarnya.

Ia berharap Komisioner KPU yang baru ini, dapat bekerja maksimal dan tidak terpengaruh manuver politik dari pihak manapun, yang dapat menggangu proses demokrasi di Maluku.(NT)

Check Also

Pengumuman Pendaftaran Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten Malteng, SBB, SBT, Buru, Malra, MTB Periode 2019-2024

Tim Seleksi I   Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota (Zona 1) mengundang Warga Negara Indonesia ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku