Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Kota Ambon Minta Mahasiswa Ciptakan Pemilu Bersih

KPU Kota Ambon Minta Mahasiswa Ciptakan Pemilu Bersih

AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon meminta seluruh pemuda dan mahasiswa dapat menciptakan pemilu yang bersih dan jujur di Kota Ambon.

Permintaa ini disampaikan Ketua KPU Kota Ambon Martinus Kainama menyusul adanya berbagai pelanggaran pemilu yang terjadi saat pemilu legislative 9 April lalu.

“Kita berharap pemuda dan mahasiswa bisa mengawal Pilpres di Maluku. Pada prinsipnya pemuda dan mahasiswa harus membuat Pilpres di Maluku berwibawa serta jujur dan demokratis,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, pada Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April lalu banyak terjadi kecurangan di daerah-daerah termasuk di Kota Ambon. Adanya kecurangan tersebut karena penyelenggara ad hok dalam hal ini Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Penghitungan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang ditunjuk KPU tidak menjalankan fungsi dan tugasnya secara baik.

Karena itu kata Kainama posisi pemuda dan mahasiswa sangat strategis, untuk mengawal Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) yang sedianya akan berlangsung pada 9 Juli 2014 mendatang.

Menurutnya, pemuda dan mahasiswa memiliki integritas yang tinggi, selain intergritas mereka juga memiliki pengetahuan yang luas, sehingga otomatis mampu memberikan pendidikan politik kepada masyarakat di desa maupun kelurahan.

Dia mengakui hingga kini KPU belum menunjukan hasil kerja sebagai penyelenggara yang signifikan bagi perubahan pemilu, baik untuk Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkda) maupun Pemilu Legislatif (Pileg).

“Indikator kita, paling tidak nampak dari penyelenggara ad hoc atau penyelenggara pemilu yang masih ditemukan melakukan kecurangan,” katanya. (NT)

Check Also

PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN TAHUN 2020

Sesuai Amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,  khususnya : Pasal 14 huruf ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku