Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Maluku Mulai Pengadaan Logistik Pilpres

KPU Maluku Mulai Pengadaan Logistik Pilpres

AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus mempersiapkan pelaksanaan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 9 Juli mendatang. Diantaranya, KPU Maluku mulai melakukan lelang  terhadap perusahan yang akan menangani pengadaan logistik  Pilpres terutama  untuk formulir berita acara.

Khusus untuk KPU Provinsi, menangani pengadaan formulir, sedangkan logistik lainnya seperti surat suara dan tinta Pilpres  pengadaanya  lewat KPU RI.   Komisioner KPU Maluku Irente Ponto menyatakan, pihaknya sudah melakukan tender, lelang  terhadap pihak ketiga yang akan menangani  pengadaan formulir – formulir logistik Pilpres.

Menurutnya, karena formulir berita acara Pilpres ditangani KPU Provinsi, maka KPU Maluku langsung membuka pengumuman tender, lelang  bagi pihak ketiga yang akan menangani pengadaan formulir  tersebut.

“KPU Maluku sudah  melakukan pengumuman lelang  bagi perusahan yang akan mengerjakan  formulir – formulir Pilpres yang pengadaannya dilakukan oleh KPU Provinsi, prosesnya sementara jalan,” kata Ponto kepada Media Center KPU Maluku, Rabu (28/5). Pengadaan formulir dilakukan di Maluku  lewat perusahan pemenang tender.

Ia mengakui tidak mengetahui pasti perusahan mana yang menjadi pemenang tender untuk pekerjaan pengadaan logistik Pilpres, formulir berita acara  karena masalah tersebut menjadi kewenangan sekertariat KPU Maluku.

Ponto menyatakan urusan pengadaan formulir ditangani KPU Provinsi, sedangkan untuk pengadaan logistik lainnya berupa surat suara, tinta  Pilpres ditangani langsung KPU RI. “Kalau soal logisltik lainnya seperti surat suara dan tinta  kami  tindak tangani, itu KPU RI yang langsung tangani, kita yang kecil – kecil saja, tapi pengadaannya lewat pihak ketiga, ” katanya.

Khusus untuk pengadaan  surat suara dan tinta menurut Ponto akan disesuaikan degan jumlah Daftar Pemlih Tetap (DPT) Pilpres mendatang.  Namun ia mengakui hingga kini KPU Maluku belum melakukan rekap DPT Pilpres  karena masih sementara dilakukan pemutahiran daftar pemilih sementara (DPS) hasil perbaikan  di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) desa/kelurahan.

Berdasarkan data yang dihimpun Media Center KPU Maluku di 11 KPU kabupaten/kota se Maluku, DPS Pilres  hasil perbaikan yang kini dimutahirkan petugas PPS berjumlah  1.209.765 pemilih.  Jumlah tersebut meningkat dari   DPT Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April lalu yang hanya 1.181.065 pemilih. (NT)

Check Also

PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN TAHUN 2020

Sesuai Amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,  khususnya : Pasal 14 huruf ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku