Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Maluku Periksa Laporan Hasil Audit Dana Kampanye

KPU Maluku Periksa Laporan Hasil Audit Dana Kampanye

AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku tengah memeriksa laporan hasil audit dana kampanye 12 Partai Politik (Parpol) yang dilakukan enam  Kantor Akuntan Publik (KAP) di Maluku. Sebelumnya,hasil audit penggunaan dana kampanye Parpol dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April sudah diserahkan enam  KAP ke KPU Maluku.


Ketua Pokja dana kampanye KPU Maluku Denny Pinontoan menyatakan, pihaknya memeriksa 141  berkas  laporan hasil audit  dana kampanye dari 12 Parpol tingkat provinsi dan  11 kabupaten/kota se Maluku. Hanya di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) berkas laporan dana kampanye untuk Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan  Partai Bulan Bintang (PBB) tidak ada, karena di dearah tersebut tidak caleg dari  tiga  Parpol itu.

Pinantoan menyatakan, pemeriksaan tersebut  untuk mencocokan dan memastikan apakah hasil audit yang disampaikan  enam KAP sudah sesuai kontrak antara KPU Maluku dengan KAP tersebut atau tidak.

“Kita sementara melakukan pemeriksaan 141 berkas hasil audit dana kampanye  dari 12 Parpol baik tingkat provinsi maupun  kabupaten/kota se Maluku,apakah hasil audit dari KAP sudah sesuai kontrak dengan kita atau tidak,”kata Pinantoan kepada Media Center KPU Maluku, Sabtu (7/6).

Ia menyatakan, audit dana kampanye Parpol yang dilakukan KAP  harus tetap mengacu pada Peraturan KPU. Untuk Maluku, audit dana kampanye Parpol dilakukan enam KAP, yang ditunjuk KPU. Masing-masing KAP mendapat jatah mengaudit 2 Parpol mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota.

Pinantoan menyatakan, setelah  pihaknya memeriksa laporan hasil audit dana kampanye, KPU Maluku kemudian mengumumkan penggunaan dana kampanye 12 Parpol dalam Pileg 9 April lalu. “Setelah diperiksa baru kita umumkan penggunaan dana kampanye Parpol, mungkin  Senin  ini kita sudah bisa umumkan,” katanya. (NT)

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku