Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Maluku Rekap Hasil Pileg Malteng dan SBB

KPU Maluku Rekap Hasil Pileg Malteng dan SBB

AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku,  Sabtu (3/5) siang  akan menggelar rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara Pemilu Legislatif (Pileg) di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dan Kabupaten  Seram Bagian Barat (SBB).Rapat pleno terbuka akan berlangsung di aula Kantor KPU Maluku.

Komisioner KPU Malteng dan SBB, Sabtu siang sudah   membawa kotak suara berisi  pleno  hasil  Pileg di kedua daerah tersebut ke KPU Maluku untuk diplenokan.  “KPU Malteng dan SBB sudah membawa kotak suara hasil pleno  mereka ke  kami, dan  hari ini juga kita akan menggelar pleno. Mulai dari SBB dan dilanjutkan Malteng,” kata Ketua KPU Maluku Musa Latua Toekan kepada Media Center KPU Maluku, Sabtu (3/5).

Ia menyatakan, KPU Maluku lebih awal merekap hasil Pileg di Kabupaten SBB, setelah itu dilanjutkan rekap dari KPU Malteng. Diharapkan , rapat pleno kedua daerah tersebut berjalan aman dan lancar tanpa ada protes yang berarti  dari  saksi partai politik dan saksi calon anggota DPD RI maupun anggota Bawaslu Maluku.

Rapat pleno di KPU Maluku  untuk merekapitulasi perolehan suara hasil Pileg tingkat KPU Kabupaten, khusus suara DPD RI, DPR RI dan DPRD Provinsi Maluku. Musa juga menyatakan, sebelumnya KPU Maluku sudah menyampaikan kepada komisioner KPU Kabupaten/kota agar menuntaskan setiap persoalan di tingkat KPU Kabupaten/kota saat rapat pleno di daerahnya, sehingga saat pleno tingkat  KPU Maluku hanya dibacakan dan  disahkan saja.

“Kami sudah menyampaikan ke KPU Kabupaten yang belum menyelesaikan rekap, agar menuntaskan setiap masalah di daerah mereka, jangan membawa masalah di KPU Maluku lagi. Sehingga saat pleno di KPU Maluku, kita  hanya membacakan perolehan suara dan mengesahkan hasilnya saja,” kata Musa.

Ia menyatakan, khusus untuk KPU Seram Bagian Timur, pleno akan digelar di KPU Maluku pada Minggu (4/5)  besok.  Sedangkan untuk KPU Maluku Barat Daya, baru menyelesaikan pleno rekapitulasi  pada Minggu. Namun mereka belum bisa membawa hasil pleno ke KPU Maluku karena kesulitan transportasi dari daerah itu. “Kita perkirakan Minggu depan, KPU MBD sudah membawa hasil pleno ke KPU Maluku, mereka terkendala  soal transportasi saja menuju Ambon,” kata Musa. Untuk mengamankan jalannya rapat pleno dua kabupaten tersebut, puluhan aparat Brimob dan Sabhara Polda Maluku disiagakan di Kantor KPU Maluku, untuk mengantisipasi gangguan keamanan. (NT)

 

Check Also

2 Berkas Calon Perseorangan Diterima 1 Ditolak

Bakal Pasangan Calon Perseorangan pada Pilkada 2020 telah ditetapkan Status dokumennya pertanggal 26 Februari 2020 ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku