Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Maluku Siap Hadapi Gugatan Parpol dan Calon DPD di MK

KPU Maluku Siap Hadapi Gugatan Parpol dan Calon DPD di MK

AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku siap  menghadapi gugatan partai politik (Parpol), calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI  dan calon anggota legislatif (Caleg) yang tidak puas dengan hasil Pemilu Legislatif (Pileg)  di Mahkamah Konstitusi (MK).KPU Maluku sudah   berkoordinasi dengan KPU kabupaten/kota   mempersiapkan sejumlah dokumen menghadapi gugatan tersebut.

Komisioner KPU Maluku La Alwi  menyatakan, sejauh ini pihaknya baru mengetahui  ada tiga calon anggota DPD RI yang mengajukan gugatan ke MK terkait hasil pemilu legislatif (Pileg) di Maluku. Mereka adalah La Ode Salimin, Nono Sampono dan Mohammad Ramli Uswanas.


Nono sendiri  sudah ditetapkan KPU RI, sebagai calon terpilih DPD RI dengan perolehan suara terbanyak nomor urut dua.  Sementara, La Ode Salimin dan Ramli tidak lolos sebagai calon terpilih anggota DPD RI.

Sementara itu   gugatan dari 12 Parpol meski terregister di MK,  namun  menurut La   Alwi  belum diketahui pasti Parpol mana saja yang menjadikan hasil  perolehan  suara dari  Maluku sebagai objek  gugatan.     Hal yang sama juga untuk  caleg DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

“Gugatan ke MK yang sudah dapat dipastikan ada tiga calon. Yakni, La Ode Salimin, Nono Sampono dan Ramli Uswanas. Sedangkan untuk Parpol, meski gugatan mereka terrigster di MK, namun kami belum tau pasti parpol apa saja yang menjadikan hasil suara dari Maluku sebagai objek gugatan, termasuk calon anggota DPRD provinsi dan kabupaten/kota,” kata La Alwi saat dihubungi Media Center KPU Maluku, Sabtu (17/5). Mantan Ketua KPU Maluku Tengah ini  menyatakan, secara kelembagaan  KPU Maluku, bersama KPU  kabupaten/kota  siap menghadapi gugatan Parpol maupun calon anggota DPD RI.

KPU Maluku sudah berkoordinasi dengan komisoner KPU kabupaten/kota  menyiapkan dokumen dan data yang dibutuhkan untuk mengadapi gugatan dari Parpol, calon anggota DPD RI maupun caleg DPRD Provinsi, kabupaten/kota di MK. “Secara kelembagaan KPU Maluku, dan jajaran di kabupaten/kota akan siap dengan semua bukti yang ada, untuk mengcounter gugatan, bukti-bukti dari para pemohon baik Parpol maupun calon anggota  DPD,” kata La Alwi.

Menyoal  penunjukan  pengacara hukum  KPU Maluku, mengadapi gugatan  Parpol dan calon anggota DPD RI di MK, La Alwi menyatakan masih menunggu petunjuk dari KPU RI, karena dalam sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang menjadi  termohon adalah KPU RI. “Jangan –jangan pengacara hukum ditunjuk KPU RI, “ katanya. (NT)

Check Also

Upacara Bendera dalam Rangka Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019

Sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang bangsa, dan sesuai Surat Edaran ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku