Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Maluku Siapkan 2.000 Surat Suara Antisipasi PSU

KPU Maluku Siapkan 2.000 Surat Suara Antisipasi PSU

MEDIACENTER.—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku menyiapkan sebanyak 2.000 surat suara untuk mengantisipasi Pemugutan Suara Ulang (PSU) pemilihan gubernur dan wakil gubernur Maluku, 27 Juni nanti.  Namun, KPU aakan berupaya aat tidak terjadi kesalahan teknis yang menyebabkan PSU dan pemilihan lanjutan.

“Khusus untuk PSU, kita telah berikhtiar dengan menyediakan surat suara PSU sebanyak 2. 000 lembar untuk seluruh kabupaten/kota di Maluku,”kata Komisioner KPU Maluku Divisi Teknis, La Alwi dalam konferensi pers kesiapan pelaksnaan pemungutan dan penghitungan suara di lantai 2 kantor KPU Provinsi Maluku, Selasa (26/6). 

Alwi menjelaskan, sesuai aturan, PSU dapat dilakukan jika satu orang pemilih mencoblos lebih dari sekali atau ada pelaggaran teknis lainnya yang terjadi secara terstruktur, massif dan sistematis atau TSM. 

“Jadi, kalau ada pemilih yang menggunakan hak pilihnya lebih dari satu kali atau dia memilih di beberapa TPS, dan menggunakan hak pilih orang lain, maka dilakukan PSU,”jelasnya. 

KPU 11 kabupaten/kota di Maluku, telah diinstruksikan untuk mengantisipasi dan mengawal proses pemungutan dan penghitungan suara secara baik, agar tidak terjadi PSU atau pemilhan lanjutan. Pemilihan lanjutan, lanjut Alwi, dapat dilakukan jika 40 persen kabupaten/kota atau 50 persen pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) tidak menyalurkan hak pilihnya. “Kami yakin tidak mungkin terjadi pemilihan lanjutan, tapi kami tetap berikhtiar,”pungkasnya. (MC-01)

Check Also

Predikat Daerah Rawan Pilkada Dipatahkan 

MEDIACENTER.-Pilkada Gubernur Maluku, Bupati Maluku Tenggara dan Walikota Tual aman, lancar dan tanpa pelanggaran berarti. ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku