Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Maluku Targetkan Partisipasi Pemilih di Pilpres 80 Persen

KPU Maluku Targetkan Partisipasi Pemilih di Pilpres 80 Persen

AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku manargetkan partisipasi jumlah pemilih  di Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) atau Pilpres  di Maluku sebanyak 80 persen. Target tersebut mengacu pada partisipasi pemilih pada Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April  yang mencapai 78.71 persen dan Pilkada Maluku sekitar 60 persen.

Ketua KPU Provinsi Maluku Musa Latua Toekan  menyampaikan hal itu  ketika menjadi pembicara  dalam diskusi public yang digelar  Media Centre KPU Maluku di Kafe  Balabu, Kamis (22/5).

Menurut Musa, target tersebut berdasarkan antusias masyarakat Maluku saat digelarnya Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Maluku Juni 2013 lalu dan Pimilu Legislatif (Pileg) 9 April.

“Dimana pada Pilkada Maluku partisipasi masyarakat sebesar 60 persen kemudian pada Pileg 78,71 persen. Saya kira dengan partisipasi masyarakat pada dua momentum tersebut, maka otomatis partisipasi Pilpres di Maluku akan meningkat menjadi 80 persen lebih,” ujarnya.

Ia mengatakan, untuk peserta Pilpres 2014 kali ini, hanya dua pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, sehingga antusias masyarakat pasti meningkat sesuai target tersebut. Selain mengacu pada dua indikator tersebut, Musa juga mengacu pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pileg.

Katanya, seluruh DPT Pileg yang saat ini di muktahirkan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilpres oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat RT/RW cukup akurat, sehingga bisa menjadi indikator terhadap peningkatan partisipasi masyarakat dalam Pilpres nanti.

“Kita sangat yakin jika partisipasi masyarakat untuk pemilu Presiden dan Wakil Presiden di Maluku meningkat dari partisipasi masyarakat terhadap Pilkada dan Pileg. Kita meyakini partisipasi ini meningkat karena masyarakat tidak lagi direpotkan dengan jumlah kertas suara seperti Pilkada dan Pileg kemarin,”katanya  (NT)

Check Also

2 Berkas Calon Perseorangan Diterima 1 Ditolak

Bakal Pasangan Calon Perseorangan pada Pilkada 2020 telah ditetapkan Status dokumennya pertanggal 26 Februari 2020 ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku