Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Minta Warga Proaktif Lakukan Perekaman e-KTP

KPU Minta Warga Proaktif Lakukan Perekaman e-KTP

MEDIACENTER,-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku, Syamsul Rifan Kubangun meminta masyarakat agar proaktif melakukan perekaman e-KTP, agar dapat menggunakan hak pilihan pada pemilihan Pilgub 27 Juni nanti. Sebab, e-KTP atau Suket wajib ditunjukkan pemilih KPPS.

“ Memang untuk persoalan perekaman ini kita sudah berulang kali sampaikan, tinggal bagaimana kesadaran masyarakat saja seperti apa. Karena disaat penetapan DPS Pilgub 2018, diketahui sebanyak. 120.496 pemilih yang belum memiliki e-KTP. Sehingga dari situ, kita selalu aktif memberikan himbauan ke masyarakat,” ujar Syamsul Kepada Wartawan Kamis (5/4).

Sebagaimana diberitakan Ambon Ekspres, KPU Maluku beserta jajaran sudah berulang kali menyampaikan kepada masyarakat. Untuk itu diharapkan agar ada kesadaran dari setiap warga, apalagi yang sudah memiliki hak pilih berkewajiban melakukan perekaman. Ajakan kepada masyarakat merupakan tanggungjawab KPU sebagai lembaga penyelenggara teknis. Bahkan, KPU juga telah berkoordinasi dengan masing-masing Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten/kota untuk percepatan perekaman e-KTP.

Rifan menambahkan, bagi pemilih yang belum memiliki e-KTP tetapi sudah pernah melakukan perekaman, diperbolehkan untuk memilih. Namun harus ditunjukkan dengan Surat Keterangan (Suket) dari (Disdukcapil) sebagai informasi bahwa dia telah melakukan perekaman.

“Bagi yang belum memiliki e-KTP, tetapi sudah melakukan perekaman yang dibuktikan dengan Suket, maka itu diperbolehkan untuk memilih. Tetapi bagi yang belum sam sekali, ini menjadi masalah. Harus ada keterangan domisili dari kepala desa atau lurah,” pungkasnya. (MC1/AMEKS)

Check Also

KPU Serahkan Pass Word SIPPP ke 24 Balon DPD

MEDIACENTER.-Sebanyak 24 bakal calon perseorangan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI 2019 daerah pemilihan (Dapil) ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku