Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Provinsi Maluku Bersih-Bersih Data Pemilih Ganda

KPU Provinsi Maluku Bersih-Bersih Data Pemilih Ganda

MEDIACENTER.–Untuk menghasilkan data pemilih yang valid dan berkualitas, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku dan kabupaten/kota akan membersihkan data pemilih ganda Pilgub.
Data pemilih ganda yang ditemui KPU melalui Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) sebanyak 91.064. Dengan rincian Kota Ambon 6.501, Kabupaten Maluku Tengah 41.077, Seram Bagian Barat 10.107, Seram Bagian Timur 7.935, Buru 3.811, Buru Selatan 3.420, Maluku Tenggara 3.680, Kota Tual 5.534, Maluku Tenggara Barat 4.654 , Kepulauan Aru 2.707 dan Maluku Barat Daya 1.638.
“Kalau data ganda, kita upayakan agar teman-teman operator dan didampingi oleh komisioner untuk selalu mengadvisor agar sudah bisa dibersihkan sebelum rekapan dan penetapan DPT,” tandas Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU Maluku, Hanafi Renwarin di sela Rapat Koordinasi KPU Provinsi Maluku dan KPU kabupaten/kota se-Maluku, Disdukcapil Provinsi dan Disdukcapil kabupaten/kota se-Maluku di kantor KPU Maluku, Selasa (10/4)
Saat ini DPS sedang diperbaiki untuk dijadikan Daftar Pemiilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). Setelah itu, pada 13-19 ditetapkan sebagai DPT di tingkat PPK dan KPU kabupaten/kota. Kemudian di KPU Maluku pada 22 April.
Hanafi memerintahkan KPU kabupaten/kota untuk segera berkoordinasi dengan PPK. “Sekembali dari sini, teman-teman KPU kabupaten/kota akan monitoring ke PPK. Setelah selesai pleno di agar saat penetapan DPT sudah tidak ada data ganda,” pungkasnya. (TAB)
KPU juga mengakui, masih ada pemilih ganda dan data pemilih yang eror atau tidak valid. Ketidakvalidan data antara lain pada Nomor Induk Keluarga (NIK) yang salah, NIK tidak lengkap dan tidak ada NIK. “Data-data invalid yang menyebabkan eror, itu kebanyakan NIK tidak lengkap, salah bahkan tidak ada NIK sama sekali,” papar Hanafi.
Data eror ini ditemukan melalui Sistem Aplikasi Data Pemilih (Sidalih) yang diupdate pada Senin, 9 April 2018. Dari 1.196.182 DPS, terdapat 72.607 yang eror.
Terdiri dari, Kota Ambon 70, Kabupaten Maluku Tengah 14.609, Seram Bagian Barat 8.612, Seram Bagian Timur 22.508, Buru 3.944, Buru Selatan 3.518, Maluku Tenggara 6.044, Kota Tual 846, Maluku Tenggara Barat 6.112, Kepulauan Aru 4.298 dan Maluku Barat Daya 2.046.
KPU dan Disdukcapil tidak memiliki kemampuan dan kewenangan untuk memperbaiki data pemilih yang eror. Olehnya itu, akan dikoordinasikan dengan Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri melalui KPU RI.
“Memang setelah kita berkonfirmasi dengan Dinas Dukcapil, mereka agak susah untuk menghapus. Seharusnya ini langsung ke Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri. Selesai ini harus koordinasi secara berejanjang berjenjang,” pungkasnya. (MC01)

Check Also

Pilkada Maluku Aman, Kontribusi Semua Pihak 

MEDIACENTER–Kondisi aman selama pelaksanaan Pilkada merupakan kontribusi maksimal dari aparat kemananan Polri maupun TNI. Di ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku