Home / ... Info Terkini / KPU PROVINSI MALUKU NGOBROL PEMILU (NGOPILU) BERSAMA KOMUNITAS PEDULI PEMILU DAN DEMOKRASI.

KPU PROVINSI MALUKU NGOBROL PEMILU (NGOPILU) BERSAMA KOMUNITAS PEDULI PEMILU DAN DEMOKRASI.

Setelah dilaksanakan kursus kepemiluan ( Election Course ) oleh Komisi pemilihan umum  Provinsi Maluku pada tanggal 28 s/d 29 Oktober 2016  yang menghasilkan adanya Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi, maka sehubungan dengan itu pada hari rabu tanggal 10 Mei 2017 bertempat di Neo Coffe Jln Sam Ratulanggi, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Maluku melakukan Ngopilu (Ngobrol Kepemiluan) bareng komunitas peduli pemilu dan demokrasi dalam rangka menindaklanjuti pengembangan Aktifitas komunitas peduli pemilu dan demokrasi pada setiap even pemilu.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah komisioner Komisi Pemilihan Umum Provinsi Maluku Divisi Hukum, Syamsul Rivan Kubangun, SH.

Komunitas peduli pemilu dan demokrasi ini dibagi dalam 4 ( empat ) kelompak yaitu :

  1. Kelompok kajian peraturan perundang – undangan (Ketua Abdul Kadir Pelu, SH)
  2. Kelompok pemantauan tahapan pemilu (Ketua Bahar Kubangun)
  3. Kelompok Pendidikan Pemilih  (Ketua Tamrin Hitimala)
  4. Kelompok segmen perempuan, Disabilitas, marjinal, dll (Ketua Stefani Teria Salhuteru)

 

Syamsul Rifan Kubagun, SH dalam arahannya juga dipertanyakan sejauh mana komunitas peduli pemilu dan demokrasi memantau Pilkada Kota Ambon dengan tingkat partisipasi pemilih yang cukup rendah,  beliau juga mengatakan bahwa kedepan akan ada program- program yang akan dilaksanakan oleh Komisi pemilihan umum Provinsi Maluku yaitu rumah pintar pemilu dan  pendidikan pemilih, bahkan nantinya juga ada kegiatan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia untuk melaksanakan jambore komunitas peduli pemilu dan demokrasi  dan peserta yang akan mengikuti jambore dimaksud hanya 2 orang dari 30 peserta komunitas peduli pemilu dan demokrasi dari masing – masing komunitas peduli pemilu dan demokrasi pada setiap KPU Provinsi/KIP Aceh se- Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri oleh semua komunitas peduli pemilu yang telah terbentuk dan telah dikukukan oleh Komisi pemilihan umum Provinsi Maluku. Selanjutnya output yang diharapkan dari kegiatan Ngopilu (ngobrol pemilu ) bareng komunitas peduli pemilu dan demokrasi ini adalah dapat membantu Komisi Pemilihan Umum Provinsi Maluku memberikan masukan atau solusi terbaik bagi perkembangan pemilu/pemilukada dan demokrasi sesuai peran masing–masing kelompok.  (VK)

Check Also

Jam Kerja ASN pada Bulan Ramadhan Tahun 2017

Surat Edaran KPU RI Nomor 383/KPU/V/2017, tanggal 22 Mei 2017  perihal : Penetapan Jam Kerja ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku