Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Sarankan Balon DPD Jilid Dokumen Dukungan

KPU Sarankan Balon DPD Jilid Dokumen Dukungan

MEDIACENTER.–Dokumen dukungan tiga bakal calon anggota Dewan Perwakilan (DPD) 2019 yakni, Novita Anakotta, Elvis Charles Lahalo dan Musyafi Rumadan belum diteliti oleh KPU Maluku dan dikembalikan.

Dokumen milik tiga pendafrar itu masih terdapat kekurangan. Ketiga balon senator itu menyerahkan dokumen dukungan kepada KPU Maluku, Minggu 22 April 2018.

Sedangkan dokumen syarat dukungan Djunadi Pupele yang diserahkan pada hari yang sama telah diterima KPU karena telah memenuhi aturan penyusunan.

“Hari ini (Minggu) ada 4 yang menyerahkan dukungan. Tapi, yang kami terima hanya dukungan pak Djunadi dan tanda terima juga telah diberikan kepada yang bersangkutan,”kata komisioner KPU Maluku, Almudatsir Zain Sangadji.

Dukungan Djunadi sebanyak 2.600, dan telah diunggah ke Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu (SIPPP).

Almudatsir menyarankan kepada para kandidat senator untuk menyusun dokumen yang terdiri dari fotokpi KTP elektronik atau Surat Keterangan (Suket) asli dalam bentul budel dan dijilid.Ini penting, untuk mempermudah proses verifikasi administrasi. Pengurutan nama pendukung dalam hardcopy dan di SIPPP, lanjut Almudatsir, juga harus bersesuaian.

“Kami akan cek jumlah antara hardcopy dan softcopy dengan yang diunggah di SIPPP. Baik susunan, jumlah maupun sebaran,”paparnya.

Jumlah minimal dukungan calon DPD dari dapil sebanyak 2.000 dengan sebaran 50 persen atau 6 kabupaten/kota di Maluku. Dukungan ini wajib diunggah ke SIPPP. Sesuai jadwal, batas menggunggah dukungan pada Sabtu 21 April pukul 24.00 wit . Namun, para balon diberi kesempatan mengunggah dukungan selama perbaikan, 22-26 April jika jumlah softcopy dukungan kurang dari hardcopy atau hardcopy asli yang dikasih dengan softcopy kurang dari syarat minimal dukungan.

Untuk diketahui, sebanyak 31 balon anggota DPD RI telah mengantongi password SIPPP. Mereka adalah Mirati Dewaningsih, Bitzeal Silvester Temmar, Ongki Anakoda dan Elvis Charles Lahalo, Johozua Max Yoltuw, Ikhsan Tualeka, Eddy K. P. Sambuaga, Mohamad Suhfi Majid. Kemudian Lutfi Sanaky, dan Hermanus Hattu, Joseph Sikteubun, Mohamad Barkah Pattimahu, Freddy Latumahina, Musyafi Rumadan, Masbansa Sangadji, Anthoni Hatane, dan Djunadi Rupelu, Novita Anakotta, Nono Sampono, dan Anna Latuconsina dan John Pieris, Cosmas Refra, Zulkarnain Awat Amir, dan Engelina Pattiasina, Ahmad Bilal Tuhelele, Moh. Ahmad Sofyan Kilian, Evert Herman Kermite, Hendrik Koedoeboen, Zidik Sangadji, John Goerge Tupamahu dan Mohamad Yatsir Kaisuku. (MC01)

Check Also

Ini 24 Balon Senator Asal Maluku

MEDIACENTER.–Minat kursi DPD RI masih tinggi. Ini terlihat dari antusiasme warga Maluku untuk menggalang dukungan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku