Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU se-Maluku Tandatangani Pakta Integritas

KPU se-Maluku Tandatangani Pakta Integritas

MEDIACENTRE – Kurang lebih tiga hari, evaluasi dan pemantapan pelaksanaan pilkada berlansung di The City Hotel, Ambon yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Maluku yang menghadirkan komisioner KPU di 11 kabupaten/kota. Kegiatan dalam bentuk rapat koordinasi tersebut, dimulai pada 27 Juni dan berakhir pada 29 Juni.

Sebelum menutup kegiatan Rakor pemantapan dan evaluasi Pemilukada 2018 tersebut, Ketua KPU Maluku, Syamsul R Kubangun meminta kepada seluruh komisioner KPU se-Maluku untuk membacakan secara bersama-sama point-point pakta integritas untuk mensukseskan pilkada diakhir masa jabatan.

“Saya meminta kepada seluruh rekan-rekan KPU se-Maluku untuk bersama-sama membacakan pakta interitas yang telah disiapkan. Pakta integritas ini agar kita semua mengerahkan seluruh tenaga mensukseskan pilkada sesuai dengan amanah perundang-undangan dan peraturan yang berlaku diakhir masa jabatan ini,” pinta Rifan, Kamis (29/3).

Ini 11 point Pakta Integritas KPU se-Maluku :

1. Menyelenggarakan Pemilu berdasarkan asas lansung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

2. Memenuhi hak konstitusional warga negara untuk dapat menggunakan hak pilihnya secara baik dan menjaga suara pemilih sebagaimana yang diatur dalam UU.

3. Memperlakukan secara adil, imparsial dan nonpartisan kepada peserta pemilu dan para pihak yang memiliki preferensi tertentu tanpa terkecuali.

4. Membuka partisipasi dan akses publik atas perumusan kebijakan, proses penyelenggaraan pemilihan dan pemilu serta berbagai data dan informasi yang terkait dengan pemilihan dan pemilu sesuai peraturan perundang-unadngan.

5. Menolak pemberian, permintaan dan perjanjian dalam bentuk apapun baik lansung maupun tidak lansung yang memberi harapan yang menyimpang dari prinsip-prinsip Pemiu yang jujur dan adil bagi peserta pemilu, calon serta pihak-pihak yang memiliki preferensi calon peserta tertentu.

6. Mencegah dan tidak melakukan praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme

7. Melakukan pencegahan dan penegasan kode etik terhadap pelanggaran setiap tahapan pemilihan dan pemilu.

8. Mencegah terjadinya pelanggaran pemilihan dan Pemilu oleh peserta, masyarakat, sesuai perundang-undangan yang berlaku.

9. Bekerja sama dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri untuk mensukseskan dan meningkatkan kualitas pemilihan dan Pemilu dengan tetap menjunjung tinggi prinsip kemandirian, imparsialitas, nonpartisan dan adil.

10. Mengambil kebijakan-kebijakan KPU secara kolektif dalam rapat pleno.

11. Bekerja sampai berakhirnya mandat jabatan dengan sepenuh waktu, jujur dan adil. Itulah 11 point pakta integritas yang dibacakan dan ditandatangani seluruh komisioner KPU s-Maluku dihadapan Komisioner KPU Maluku. (MC03)

Check Also

Pengumuman Pendaftaran Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten Malteng, SBB, SBT, Buru, Malra, MTB Periode 2019-2024

Tim Seleksi I   Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota (Zona 1) mengundang Warga Negara Indonesia ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku