Home / ... Info Terkini / Berita Umum / KPU Tetap Konsisten, Pemilih Wajib Tunjukkan e-KTP

KPU Tetap Konsisten, Pemilih Wajib Tunjukkan e-KTP

MEDIACENTER–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi bersama jajarannya di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) tetap konsisten menerapkan aturan wajib penunjukkan KTP elektronik pemilih saat pencoblosan. Olehnya itu, KPU akan mensosialisasikan aturan kepada tim pasangan calon.

“Dengan adanya ketentuan ini, kita dihadapkan pada kondisi di mana seadainya pemlih itu terdaftar dalam DPT, membawa C6, tetapi tidak membawa KTP eletronik atau Suket dengan alasan hilang atau rusak, ini sebagai petuga KPPS pasti mereka akan konsisten untuk menegakkan aturan,”kata Koordinator Divisi Teknis KPU Maluku, La Alwi di hotel The City, Kamis (29/3).

Aturan yang dimaksudkan Alwi adalah, Peraturan KPU (PKPU) nomor 8 Tahun 2018 tentang pemungutan dan penghitungan suara Pilkada Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota. Pasal 7 ayat (2) menyebutkan, Dalam memberikan suara di TPS sebagaimana dimaksud pada ayat (1), pemilih menunjukkan formulir Model C6-KWK dan wajib menunjukkan KTP-el atau Surat Keterangan Kepada KPPS.

Sedangkan ayat ((3), dalam hal pemilih yang terdaftar dalam DPT tidak dapatmenunjukkan formulir Model C6-KWK sebagaimana dimaksud pada ayat (2), pemilih wajib menunjukkan KTP-el atau Surat Keterangan. KPU dan jajarannya, terutama Kelomnpok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) harus bijaksana, sebab ini masih kontradiktif dan bisa dipermasalahkan oleh lembaga pengawasan, baik oleh Bawaslu, Panwaslu maupun jajarannya.

Namun, akui Alwi, penegakan aturan ini akan dinilai bisa dinilai melanggar hak konstitusional warga negara dalam memilih. Olehnya itu, KPU akan melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan tim pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, serta lembaga pengawsan formal maupun pemantau untuk menyamakan persepsi.

“Agar ada penyamaan persepsi.  Juga agar tim bisa menyampaikan secara intensif kepada pendukung pasangan calon. Bahwa, mereka ke TPS, harus membawa TPS harus membawa KTP elektronik atau Suket disamping C6. Tidak cukup hanya terdaftar dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap),”pungkasnya. (MC1)

Check Also

KPU Serahkan Pass Word SIPPP ke 24 Balon DPD

MEDIACENTER.-Sebanyak 24 bakal calon perseorangan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI 2019 daerah pemilihan (Dapil) ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku