Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Lima PPK di SBB, Maluku Akan Dievaluasi

Lima PPK di SBB, Maluku Akan Dievaluasi

AMBON-Sedikitnya lima  Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dalam waktu dekat akan dievaluasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) SBB. Hal tersebut dilakukan menyusul adanya sejumlah laporan terkait dugaan pelanggaran Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April lalu yang diduga melibatkan para anggota PPK tersebut.

 

PPK yang akan dievaluasi itu yakni PPK Huamual, PPK Waisala, PPK Kairatu, PPK Manipa, dan PPK Seram Barat (Piru). Komisioner KPU SBB, Syarif Hehanussa yang dikonfirmasi Media Centre KPU Maluku, Jumat (29/5) mengungkapkan, lima PPK tersebut telah dilaporkan oleh Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) dan partai politik (Parpol) ke pihaknya dengan tuduhan melakukan pelanggaran pemilu, sehingga dalam waktu dekat KPU SBB  akan mengevaluasi  lima PPK itu.

“Kami akan segera mengevaluasi beberapa PPK yang dilaporkan itu. Beberapa waktu lalu Panwaslu dan Parpol sudah melaporkan sebanyak lima PPK ke KPU SBB. Laporan tersebut terkait adanya dugaan pelanggaran Pileg yang diduga melibatkan mereka, tentu ini akan kita konfirmasi lagi ke mereka,” ungkapnya.

Hehanussa mengatakan, saat ini  KPU SBB,  masih disibukan  dengan  pemuktahiran Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS), sehingga akan disesuaikan dengan jadwal yang ada, untuk melakukan evalusi tersebut.

“Untuk evaluasinya, kami akan sesuaikan dengan jadwal pemuktahiran DPS Pilpres yang saat ini tengah dilakukan oleh petugas PPS ditingkat desa dan kelurahan. Kita berharap pekan depan sudah dilakukan evaluasi PPK yang dilaporkan tersebut,” ujarnya. Dia mengatakan, jika dalam evaluasi nanti ada hal – hal yang mengarah ke tindak pidana, maka tidak menutup kemungkinan para anggota PPK tersebut akan diganti. (NT)

Check Also

2 Berkas Calon Perseorangan Diterima 1 Ditolak

Bakal Pasangan Calon Perseorangan pada Pilkada 2020 telah ditetapkan Status dokumennya pertanggal 26 Februari 2020 ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku