Home / ... Info Terkini / Berita Umum / MALUKU MEMILIH

MALUKU MEMILIH

Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku berlangsung sesuai Tahapan, Program dan Jadwal Pelaksanaan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku periode 2013 – 2018 pada tanggal 11 Juni 2013, di 3.284 TPS yang tersebar di 1.044 Desa, dan 91 Kecamatan pada 11 Kabupaten/Kota se-Maluku.

 

Lima pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku bertarung memperebutkan kursi kepemimpinan di Provinsi Maluku untuk periode 2013-2018.  Adapun kelima Pasangan Calon tersebut adalah sebagai berikut : Pasangan nomor urut satu, Ir. H. ABDULLAH TUASIKAL, M.Si  –  HENDRIK LEWERISSA, SH. LL.M (Beta Tulus) yang diusung oleh 6 partai politik (Partai Hanura, Gerindra, PKPI, PKB, PBB, PBR).    Pasangan Nomor urut dua JACOBUS F. PUTTILEIHALAT, S.Sos  –  DR. ARIFIN TAPI OYIHOE, M.Si (Bob-Arif) yang diusung oleh 7 partai politik (Partai Demokrat, PNBKI, PPDI, PPNUI, Barnas, PKNU dan PNI-Marhaenisme).

Pasangan ABDULLAH VANATH, S.Sos. MMP – Drs. MARTHIN JONAS MASPAITELLA, M.Si yang disapa ‘Damai’ (nomor urut tiga) diusung oleh 14 partai politik, (Partai Karya Perjuangan, Partai Matahari Bangsa, PPRN, PIS,  Partai Patriot, PPI, Republikan, PPN,  Partai Buruh, PPPI, PKDI, Kedaulatan, PDP, PDK.     Pasangan nomor urut empat, HERMAN ADRIAN KOEDOEBOEN, SH  –  M. DAUD SANGADJI, SE (Mandat) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).   Terakhir pasangan Ir. SAID ASSAGAFF  –  DR. ZETH SAHUBURUA, SH, MH  yang diusung oleh 6 partai politik, diantaranya Partai Golkar, PKS, PPP, PAN, PDS, dan Partai Pelopor.

Pemungutan Suara dilakukan pada hari yang diliburkan berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 270 – 2970 Tahun 2013 tanggal 30 Mei 2013 tentang Penetapan Hari Pemungutan Suara Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku sebagai Hari yang diliburkan di Provinsi Maluku.   Sebentar lagi masyarakat Maluku akan mengetahui siapa saja yang akan bertarung untuk putaran berikutnya dan atau siapa yang akan menjadi Pemimpin dalam satu putaran untuk memimpin Maluku 5 tahun kedepan.  Pelaksanaan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku secara langsung untuk kedua kalinya di Provinsi Maluku secara serentak dilaksanakan dalam wilayah Provinsi Maluku.

Pastikan kita telah menggunakan Hak Pilih.  Pilihan boleh beda tetapi satu tujuan yaitu membangun Maluku yang aman, damai dan bermartabat.

Satu Suara menentukan masa depan Maluku…!!!

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku