Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Masyarakat Diminta Kawal Pemuktahiran DPS Pilpres

Masyarakat Diminta Kawal Pemuktahiran DPS Pilpres

AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku meminta masyarakat Maluku agar mengawal proses tahapan pemutakhiran Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) Tahun 2014 yang saat ini sedang dilakukan KPU di seluruh kabupaten dan kota di Maluku.

Permintaan tersebut disampaikan Ketua KPU Provinsi Maluku, Musa Latua Toekan usai memimpin rapat kerja pemuktahiran data bersama seluruh anggota KPU se kabupaten kota di Maluku yang berlangsung di Hotel Ambon Manise (Amans), Senin (19/5) kemarin.

Musa meminta masyarakat agar menanyakan langsung kepada penyelenggara ditingkat paling bawah yakni Panitia Pemungutan Suara (PPS), terutama bagi pemilih yang tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), tapi masuk dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK), saat Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April.

“Saya berharap masyarakat di desa maupun dusun bisa mengawal proses ini secara baik. Karena mungkin saja ada pemilih yang masuk dalam DPT, namun tidak masuk dalam DPK, dan mungkin saja masuk dalam DPK tapi tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb),” kata Musa kepada Media Centre KPU Maluku.

Selain meminta masyarakat mengawal proses pemuktahiran DPS PPWP, Musa juga mengajak masyarakat yang belum terdaftar dalam DPT Pileg 9 April lalu, agar bisa mendaftarkan diri segera mungkin ke PPS sehingga bisa dimasukan dalam DPT PPWP mendatang.

Menurutnya proses ini penting untuk dikawal karena system pemuktakhiran sekarang ini dilakukan langsung dari DPT Pileg 9 April ke DPS PPWP. Dimana proses pemuktahiran yang dilakukan saat ini tidak sama dengan pemuktahiran Pileg 9 April.

“Kalau pemuktahiran DPS Pileg 9 April kemarin didatangi langsung oleh petugas pemutakhiran daftar pemilih (Pantarli), sementara yang sekarang pemuktahirannya dari DPT Pileg ke DPS PPWP, sehingga yang belum terdaftar harus segera melaporkan diri ke PPS. Pada prinsipnya masyarakat harus melihat nama-nama mereka di Tempat Pemungutan Suara (TPS),” tegasnya. (NT)

Check Also

Upacara Bendera dalam Rangka Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019

Sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang bangsa, dan sesuai Surat Edaran ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku