Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Media Centre KPU Maluku Diskusi Publik DPS Pilpres

Media Centre KPU Maluku Diskusi Publik DPS Pilpres

AMBON-Media Centre KPU Maluku,Kamis (22/5) petang  akan menggelar diskusi publik menyoal  Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 9 Juli mendatang. Diskusi bertemakan “sudahkan anda terdaftar sebagai pemilih” itu akan menghadirkan narasumber Ketua KPU Maluku Musa Latua Toekan dan Ketua KPU Kota Ambon Marthinus Kainama, digelar di Kafe Balabu yang terletak di belakang  kawasan  Jalan AY. Patty Ambon.

Peserta diskusi publik tersebut adalah para siswa SMU,  mahasiswa, yang merupakan pemilih pemula, organisasi kepemudaan, perwakilan  LSM, dan kalangan  jurnalis di Kota Ambon. Diskusi ini sengaja dilakukan agar masyarakat pemilih yang belum terdaftar bisa mendapatkan informasi seluas-luasnya dari komisioner KPU  sehingga bisa  dimasukan dalam daftar pemilih sementara (DPS) hasil perbaikan.

Musa menyatakan, diskusi publik soal DPS ini sangat strategis agar masyarakat terutama pemilih bisa mengawal proses pemutahiran DPS Pilpres, sebelum akhirnya ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT) Pilpres. Pemilih yang belum terdaftar bisa melaporkan ke petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa/kelurahan sehingga bisa didata. “Kegiatan ini sangat membantu KPU Maluku dalam mensosialisasikan pemutahiran  DPS Pilpres, karena saat ini  petugas masih terus dilakukan perbaikan DPS  di tingkat desa dan kelurahan,” kata Musa.

Ia sadar masalah DPS ini sangat krusial dalam Pilpres,  apalagi dalam situasi Pilpres yang head to head antara dua kubu, bisa dipastikan pertarungan sangat keras. Jika masalah DPS ini tidak tuntas maka bisa  dijadikan sebagai biang keladi kekalahan kubu tertentu. Masalah DPS ini juga dapat mempengaruhi kualitas Pilpres.“Karena masalah DPS ini harus akurat, pemilih yang belum terdaftar harus didaftar sehingga bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pilpres mendatang,” katanya. Proses pemutahiran DPS masih terus dilakukan PPS  tingkat desa/kelurahan. Setelah DPS dimutahirkan, akan diumunkan sehingga warga bisa mengoreksinya. Setelah itu, ditetapkan menjadi DPS hasil perbaikan, kemudian ditetapkan menjadi DPT Pilpres. (NT)

Check Also

Pengumuman Hasil Penelitian Administrasi Calon Anggota KPU Kota Ambon, Kota Tual, Kabupaten Bursel, Kepulauan Aru dan MBD Periode 2018-2023

Berdasarkan Hasil Penelitian Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota Periode 2018 – 2023, dengan ini Tim Seleksi  ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku