Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Meski Terpilih, Nono Gugat Hasil Pileg di Maluku ke MK

Meski Terpilih, Nono Gugat Hasil Pileg di Maluku ke MK

AMBON–Mahkamah Konstitusi (MK), mulai Jumat (23/5)  menggelar sidang perkara perselisihan hasil pemilu (PHPU) yang diajukan partai politik (Parpol) dan calon anggota DPD RI, termasuk gugatan  parpol dan calon DPD RI dari  Maluku.

Khusus untuk calon anggota  DPD RI, tiga calon menggugat hasil Pileg di Maluku ke MK. Mereka adalah Nono Sampono, La Ode Salimin, dan Muhammad Ramli Uswanas.  Dari tiga calon itu, Nono adalah calon terpilih anggota DPD RI yang sudah ditetapkan KPU RI dengan rangking kedua perolehan suara  terbanyak di Maluku.

Dan Nono pun mendapat kursi kedua dari empat kursi yang ada. Namun, Nono tetap menggugat hasil perolehan suaranya. “Untuk calon anggota DPD RI daerah pemilihan Maluku, ada tiga  orang yang  membawa hasil perolehan suara Pileg ke MK, mereka adalah Nono Sampono, La Ode Salimin dan Muhammad Ramli Uswanas,” kata komisioner KPU Maluku La Alwi saat dihubungi Media Center KPU Maluku, Jumat (23/5). Ia menyebutkan Nono adalah calon DPD RI  terpilih yang sudah ditetapkan KPU RI.

Persidangan calon anggota DPD RI termasuk perkara Nono akan berlangsung Jumat pukul 19.00 WIB di Gedung MK, setelah sidang Parpol. Sidang perdana dengan agenda pemeriksaan pendahuluan atas materi gugatan calon.

Menurut  La Alwi, dalam gugatannya, Nono mempersoalkan perolehan suaranya  di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD). “Pak Nono menjadikan  perolehan suara hasil Pileg  di MBD sebagai  objek sengketa ke MK,” kata La Alwi. Sedangkan, La Ode Salimin menggugat  hasil perolehan suara DPD RI  di Kota Tual. Sementara Ramli menggugat perolehan suara DPD RI di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Terkait gugatan Nono dan dua calon DPD lainnya  La Alwi  menyatakan, KPU Maluku  bersama KPU kabupaten/kota yang dijadikan objek sengketa sudah  mempersiapkan sejumlah bukti-bukti. Bukti yang disiapkan mulai dari rekapitulasi berita acara perolehan suara  tingkat KPPS (formulir C-1), rekapitulasi tingkat PPS (D1), rekapitulasi tingkat PPK (DA1), rekapitulasi tingkat KPU Kabupaten/kota (DB1) dan rekapitulasi tingkat provinsi (DC1). (NT)

Check Also

PPK Pilkada 2020 Kabupaten SBT, Kepulauan Aru, Bursel dan MBD telah diumumkan

Sabtu 15 Februari 2020 secara serentak KPU Kabupaten SBT, Kepulauan Aru, Bursel dan MBD telah ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku