Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Panglima TNI dan Kapolri Pantau Pengamanan Pilpres di Maluku

Panglima TNI dan Kapolri Pantau Pengamanan Pilpres di Maluku

AMBON-Panglima TNI Jenderal  TNI Moedoko dan Kepala Kepolisian RI Jenderal Polisi Sutarman melakukan kunjungan kerja ke Kota Ambon, Maluku selama dua hari sejak Senin (9/6) hingga Selasa (10/6). Kedua  pimpinan TNI/Polri itu memantau kesiapan anggotanya untuk pengamanan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) di wilayah Provinsi Maluku. Selain itu, Panglima TNI dan Kapolri juga ingin memastikan seluruh anggotanya netral dalam Pilpres 9 Juli mendatang.

“Kami berkunjung ke Ambon untuk memastikan,  kondisi keamanan mendukung  pelaksanaan Pilpres di Maluku. Saya dan Panglima TNI juga ingin memastikan seluruh personil keamanan siap mengamankan Pilpres dalam posisi yang netral,” kata Kapolri saat memberikan pengarahan kepada ribuan aparat TNI/Polri di Gedung Islamic Center kawasan Waihaong Kota Ambon, Selasa (10/6).

Ia menyatakan, aparat TNI/Polri bertugas mengamankan dan mengawal setiap tahapan Pilpres  yang tengah berlangsung saat ini agar berjalan aman dan lancar  tanpa gangguan dari pihak manapun.  Sehingga pemilih dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik dan benar tanpa ada tekanan dan paksaan.

“Aparat keamanan harus melakukan pengamanan secara baik setiap tahapan Pilpres  sehingga rakyat dengan hati nuraninya  bisa memilih Presiden dan Wakil Presiden tanpa dipengaruhi politik uang, tekanan, intimidasi dan kekerasan sehingga Pilpres benar – benar berkualitas,” kata Sutarman.  Ia juga menyatakan, aparat keamanan harus mendorong pemilih untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilpres 9 Juli mendatang.

Sementara itu Panglima TNI Jenderal TNI  Moedoko dalam pengarahan juga  menyatakan, berdasarkan pengamatannya aparat TNI/Polri di Maluku sangat siap mengamankan jalannya pelaksanaan Pilpres di wilayah Maluku. Ia mengaku  terharu dan merasa bangga karena aparat TNI/Polri di Ambon, Maluku menunjukan kekompakan yang solid sehingga ini menjadi kekuatan dan modal bersama untuk pengamanan Pilpres di Maluku.

“Saya memberikan penghormatan kepada prajurit TNI/Polri yang tetap  solid di daerah ini, ini modal kita untuk  pengamanan Pilpres agar berjalan dengan aman dan lancar di daerah ini,” kata Moedoko. Dalam kesempatan itu, Moedoko juga menegaskan kunjungannya bersama Kapolri selain  memantau  kesiapan aparat TNI/Polri untuk  pengamanan Pilpres di Maluku juga untuk memberikan peringatan kepada prajurit TNI/Polri agar tetap netral dalam Pilpres mendatang. TNI/Polri tidak terlibat dalam politik praktis. Ia juga menegaskan, pihaknya tidak mengarahkan dukungan kepada salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Baik Moedoko maupun Sutarman juga menegaskan, jika ada aparat TNI/Polri yang terlibat dalam dukung mendukung maka akan diambil tindakan tegas. “Kalau untuk TNI tidak ada itu dukung mendukung dalam Pilpres ini, kita  netral dan kalau ada yang terlibat akan kita tindak. Saya kira  sama juga untuk Polri, kita netral,” kata Moedoko. (NT)

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku