Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Pemilih di Maluku Tenggara Bertambah

Pemilih di Maluku Tenggara Bertambah

AMBON-Jumlah pemilih di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) bertambah dari Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April lalu. Jumlah pemilih di wilayah itu berdasarkan penetapan daftar pemilih tetap (DPT)  pemilu presiden dan wakil presiden (Pilpres)  yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Malra  berjumlah  68.934 pemilih. Jumlah  DPT yang ditetapkan  tersebut naik dari DPT Pileg lalu.

Namun KPU Malra memperkirakan jumlah ini akan terjadi perubahan lagi karena pemilih yang belum terdaftar dalam DPT masih diberi kesempatan untuk didata dalam daftar pemilih khusus (DPK) Pilpres.

“Kita sudah tetapkan jumlah DPT Pilpres, ada terjadi kenaikan dari jumlah DPT saat Pileg lalu. Ini terjadi setelah petugas melakukan pemutakhiran data pemilih dan ditemukan banyak pemilih  yang belum  terdaftar,” kata Ketua KPU Malra Engel Berthus kepada Media Center KPU Maluku, Rabu (11/6).

Penetapan DPT Pilres dilalukan KPU Malra pada Senin (9/6) yang  diikuti anggota panita pemilihan kecamatan (PPK) se Malra, Panwaslu Malra  dan tim kampanye dua  pasangan calon presiden dan wakil presiden di daerah itu. Menurutnya, DPT yang ditetapkan tersebut mengacu pada daftar pemilih sementara hasil pemutakhiran (DPSHP) yang dilakukan panitia pemungutan suara (PPS) tingkat desa/kelurahan se Kabupaten  Malra.

KPU Malra kemudian akan membawa hasil penetapan DPT Pilpres ini ke KPU Maluku untuk dilakukan penetapan tingkat provinsi.  Menurutnya jumlah pemilih Pilpres di Malra kemungkinan akan terjadi perubahan karena setelah ditetapkan menjadi DPT, pemilih yang belum terdaftar masih  diberi kesempatan untuk mendaftarkan diri dalam DPK Pilpres. Pemilih yang belum terdaftar bisa melaporkan ke RT/RW, PPS di kelurahan/desa, kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan KPU Kabupaten/kota sebelum penetapan DPK Pilpres  oleh KPU Provinsi  yakni  2 Juli.

“Kami minta pemilih yang belum terdaftar bisa melaporkan ke petugas PPS dan PPK agar mereka  masuk dalam DPK Pilpres, DPK Pilpres akan ditetapkan KPU Provinsi  tujuh hari sebelum Pilpres, atau pada 2 Juli. Artinya sebelum penetapan DPK,  pemilih yang belum terdaftar bisa melaporkan ke petugas kami untuk didata,” katanya.(NT)

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku