Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Penyelenggara Ad Hoc di Maluku Yang Curang Diganti

Penyelenggara Ad Hoc di Maluku Yang Curang Diganti

AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku meminta dengan tegas jajaran KPU di kabupaten dan kota se Maluku untuk menindak tegas penyelenggara Ad Hoc yang kedapatan melakukan kecurangan saat pemilu presiden nanti.

Permintaan ini disampaikan Ketua KPU Provinsi Maluku, Musa Latua Toekan kepada Media Centre Maluku, Jumat (23/5). Menurutnya, penyelenggara Ad Hoc dalam hal ini Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang ditunjuk sering kali melakukan kecurangan, yang berakibat pada protes warga dan dilakukannya Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Penyelenggara Ad Hoc ini sifatnya sementara dan dapat diganti sesuai kebutuhan dan kondisi yang terjadi.

“Yang terjadi saat pemilu legislative lalu itu begitu, banyak penyelenggara Ad Hoc yang membuat kecurangan sehingga selalu berpengaruh pada proses dan hasil pemilu,”ungkap Musa.

Dia mengungkapkan, selaku penyelenggara, PPK, PPS dan KPPS harus mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan tidak terpengaruh dengan kepentingan lain. Hal itu penting dilakukan agar dapat menjamin kualitas pemilu secara baik.

“Itu seharusnya tugas penyelenggara ditingkat bawah. Jadi jangan lagi ada seperti yang terjadi seperti  di pileg kemarin,”ujarnya.

Musa pun meminta kepada KPU kabupaten dan Kota agar dapat mengganti penyelanggara ditingkat PPK, PPS dan KPPS manakala terbukti melakukan kecurangan dan memihak pada salah satu  partai politik tertentu.

“PPK, PPS dan KPPS itu kan dituntuk dan diangkat oleh KPU kabupaten dan Kota jadi kalau mereka bermasalah pada pileg kemarin saya minta mereka diganti saja agar kesalahan yang sama tidak terjadi lagi,”ungkapnya. (NT)

Check Also

PPK Pilkada 2020 Kabupaten SBT, Kepulauan Aru, Bursel dan MBD telah diumumkan

Sabtu 15 Februari 2020 secara serentak KPU Kabupaten SBT, Kepulauan Aru, Bursel dan MBD telah ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku