Home / ... Info Terkini / Berita Umum / PILKADA ARU, KPU KAB. KEPULAUAN ARU TETAPKAN DPT 57.461 PEMILIH

PILKADA ARU, KPU KAB. KEPULAUAN ARU TETAPKAN DPT 57.461 PEMILIH

Dobo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Aru,  telah menetapkan sedikitnya 57.461 Pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk mengikuti Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Aru yang akan digelar pada 9 Desember 2015 mendatang.

Penetapkan dilakukan oleh KPU Kabupaten Kepulauan Aru di Hotel Suasana Baru Dobo, pada tanggal 2 Oktober 2015 dalam Rapat Pleno terbuka yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Aru, Viktor Sjair dan dihadiri seluruh komisoner diantaranya Yermina Larwuy, S.Th, Mustafa Darakay, S.Sos, Imran Pattikaloba, S.Pd.I, dan Yoseph Sudarso Labok, SE.

Rapat Pleno Penetapan DPT disaksikan Ketua Panwas, Moksen Sinamur, S.Sos dan dua Anggota Panwas, masing-masing Bahi Boroway, SH dan Baco Djabumir.

Setelah Rapat Pleno dibuka Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Aru kemudian mempersilahkan kepada sepuluh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) secara bergiliran untuk mempresentasikan hasil Pemutakhiran Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) untuk ditetapkan menjadi DPT.

Dalam presentasi DPHSP oleh PPK, tidak ada keberatan dari Panwas maupun Saksi dari keempat pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati yang diundang hanya saja beberapa cacatan dan masukan terkait perlu dilakukan pengawasan dan ketelitian oleh Panwas dan KPU soal pemutahiran Daftar Pemilih.

“Kami berharap, agar warga yang belum terdaftar dalam DPT masih diberikan kesempatan untuk menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember 2015,” kata Yonahis Gaite Saksi dari pasangan Nomor urut 3 Obed Barends-Elisa Darakay.

Terkait dengan hal tersebut, dikatakan oleh Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Aru, Victor Sjair bahwa setelah DPT ditetapkan tanggal 2 Oktober 2015 KPU akan menyampaikan kepada PPS melalui PPK untuk ditempelkan ditempat yang mudah dilihat oleh Warga/Pemilih.

“Pasca disampaikan DPT Kepada PPS, bagi masyarakat yang merasa belum terdaftar dalam Daftar Pemilih tetap (DPT) maka PPS dapat mendafatrkan dengan menggunakan identitas kependukukan berupa KTP, Kartu Keluarga dan sejenisnya yang kemudian akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb-1),” ujar Ketua KPU Aru.

Untuk diketahui, Proses mendaftar dengan menggunakan KTP, Kartu Keluarga di PPS berlangsung mulai tanggal 13 Oktober – 30 Oktober 2015 atau berlangsung hanya 7 (tujuh) hari saja.

Adapun Rincian Penetapan DPT oleh KPU Kabupaten Kepulauan Aru adalah sebagai berikut : Jumlah Kecamatan 10, Jumlah Desa/Kelurahan 119, Jumlah TPS 226, Jumlah Pemilih 57.461 dengan identifikasi Pemilih Laki-Laki 29.243 dan Pemilih Perempuan 28.218  (ysl/wyn)

Check Also

PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN TAHUN 2020

Sesuai Amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,  khususnya : Pasal 14 huruf ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku