Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Pilkada Maluku Aman, Kontribusi Semua Pihak 

Pilkada Maluku Aman, Kontribusi Semua Pihak 

MEDIACENTER–Kondisi aman selama pelaksanaan Pilkada merupakan kontribusi maksimal dari aparat kemananan Polri maupun TNI. Di sisi lain, masyarakat Maluku dinilai telah melek demokrasi.

Kapolda Maluku Irjen Pol Andap Budhi Revianto melalui Kabid Humas Kombes Pol Mohammad Roem Ohoirat, Kamis (28/6), mengatakan, sejak awal Maluku Tenggara terdeteksi sangat rawan terjadi konflik, justeru berlangsung sangat aman. 

“Pasca pencoblosan, TPS seluruh dalam keadaan aman. Terutama fokus ke Maluku Tenggara dan kota Tual yang diperidiksi sebagai daerah rawan Pilkada nomor satu. Alhamdulillah sampai dengan saat ini aman terkendali,” kata Ohoirat. 

Selain itu, dalam catatan kepolisian, tidak ada satupun kejadian baik gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (KAMTIBMAS), pelanggaran Pilkada yang mengarah pada pidana di saat proses demokrasi pencoblosan berlangsung.

“Sudah aman, bahkan di sosial media (facebook). Itu ada Paslon secara jentel mengakui kekalahannya. Kabupaten Maluku tenggara pun seluruh aman. Memang ada direkomendasikan oleh panwas untuk dilakukan PSU (pengut suara ulang)”pungkasnya. 

Pengamat politik dari Universitas Pattimura (Unpatti) Said Lestaluhu mengatakan, hasil pilkada ini harus menjadi catatan penting  bagi lembaga berwenang, terutama Bawaslu untuk membuat IPK. 

“Sial indeks kerawanan, saya kira tidak boleh menciptakan imajinasi yang berlebihan, bahwa Maluku ini masih rawan. Sebab, faktanya, perhelatan politik kondusif dan masyarakat sudah melek demokrasi,”katanya. (Ambon Ekspres) 

Check Also

345 Personil Amankan Pleno Rekapitulasi Suara Pilgub Maluku

MEDIACENTER.–Sebanyak 345 personil gabungan Polri dan TNI mengamankan rapat pleno rekapitulasi perolehan suara calon gubernur ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku