Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Politik Uang di Kota Ambon Masih Kuat

Politik Uang di Kota Ambon Masih Kuat

AMBON– Politik uang (money politik) pada Pemilu Legisltaif (Pileg) di Kota Ambon masih cukup kuat dan sulit untuk dilawan. Diprediksikan pengaruh politik uang di Kota Ambon dan Provinsi Maluku masih akan menguat saat pelaksanaan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (PPWP)  2014 nanti.

 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon, Marthinus Kainama menyampaikan hal itu saat menjadi pembicara dalam diskusi publik yang digelar Media Center KPU Maluku di Kafe Balabu, Kamis (22/5) terkait  pemutahiran  Daftar Pemilih Sementara (DPS). Ia menyatakan,intensitas politik uang di Kota Ambon masih cukup kuat, sehingga harus dilawan.

“Masyarakat di Kota Ambon dan  saya kira  di Maluku sangat  sulit melawan pengaruh politik uang yang dipraktekan oleh partai politik (Parpol) dan tokoh masyarakat. Saya kira untuk tugas besar ini adalah tanggungjawab penyelenggara dan seluruh masyarakat di Maluku,”katanya.

Dimana unsur – unsur penting seperti KPU, pemerintah, parpol, akademisi, pemerhati politik, tokoh agama, tokoh masyarakat agar bisa memberikan pendidikan politik yang baik terhadap masyarakat, termasuk mengajak masyarakat untuk melawan politik uang.

Namun menurut Kainama politik uang sulit ditindak karena penerima uang yang diberikan parpol maupun caleg tidak mau jujur mengakui termasuk pemberi uang.

Kainama mengatakan, pengaruh politik uang di Kota Ambon dan  Maluku, berdampak dari kurangnya sosialisasi pendidikan politik kepada masyarakat. Selain itu banyaknya tokoh – tokoh politik yang menjalankan misi politik dengan cara – cara tidak elegan, sehingga menjadi budaya dikalangan masyarakat hingga ke lapisan paling bawah.

“Kalau hal seperti ini terus berkembang di kalangan masyarakat, maka sulit untuk kita lawan,” katanya.   Olehnya itu Kainama meminta masyarakat dapat meminimalisir adanya politik uang, terutama menjelang Pilpres mendatang.(NT)

Check Also

PPK Pilkada 2020 Kabupaten SBT, Kepulauan Aru, Bursel dan MBD telah diumumkan

Sabtu 15 Februari 2020 secara serentak KPU Kabupaten SBT, Kepulauan Aru, Bursel dan MBD telah ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku