Home / ... Info Terkini / Berita Umum / PPS se Maluku Rampungkan Penetapan DPT Pilpres

PPS se Maluku Rampungkan Penetapan DPT Pilpres

AMBON– Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 11 kabupaten/kota se Provinsi Maluku, sudah menyeselaikan penetapan daftar pemilih tetap (DPT)  Pemilu Presiden dan Wakil Presiden pada 9 Juli 2014. Hasil penetapan DPT di tingkat PPS tersebut tengah direkap dan ditetapkan lagi  di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan selanjutnya direkap secara berjenjang lagi ke KPU.

“Seluruh PPS di Maluku sudah menyelesaikan penetapan DPT Pilpres, dan kini mereka sudah melaporkan ke PPK untuk direkap dan ditetapkan  secara berjejang, dan nanti  disampaikan ke kita,” kata Komisioner KPU Maluku Hanafi Renwaren kepada Media Center KPU Maluku, Sabtu (7/6). Ia menyebutkan, seluruh PPS di Maluku terpantau penetapan DPT Pilpres berjalan lancar. Hanya terjadi  kendala informasi  akibat sulitnya  transportasi untuk sejumlah PPS di wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), sehingga informasi pelaksanaan penetapan DPT Pilpres terlambat diterima KPU setempat. “Laporan dari KPU MBD kini semua PPS sudah menetapkan DPT Pilpres,” katanya.

Hanafi menyatakan pihaknya belum mengetahui pasti berapa DPT yang ditetapkan tersebut karena saat ini secara berjejang tengah dilalukan rekap hasil penetapan DPT tersebut di tingkat PPK se Maluku.

Namun Hanafi memperkirakan, jumlah DPT yang ditetapkan   tidak berbedah jauh dengan jumlah daftar pemilih sementara hasil pemutakhiran (DPSHP) di seluruh Maluku yakni berjumlah 1.221.725 pemilih.

Hanafi menyatakan, secara berjejang setelah ditetapkan di PPS,  DPT tersebut kemudian direkap dan ditetapkan lagi di tingkat PPK pada 6 hingga 7 Juni. Setelah itu disampaikan ke KPU kabupaten/kota, kemudian direkap dan ditetapkan lagi pada 8-9 Juni. Setelah itu, hasil penetapan disampaikan ke KPU Provinsi Maluku untuk direkap dan ditetapkan DPT tingkat provinsi  pada 10 – 11 Juni. “Setelah penetapan, kita kemudian sampaikan ke KPU RI lagi untuk ditetapkan DPT nasional oleh KPU RI yang dijadwalkan pada 12 – 13 Juni,” katanya.

Setelah penetapan DPT, KPU masih membuka kesempatan kepada pemilih yang belum terdaftar dalam DPT untuk didata dalam daftar pemilih khusus (DPK) Pilpres. Dan DPK ini akan ditetapkan KPU Provinsi sepekan sebelum pelaksanaan Pilpres 9 juli mendatang. “Kami minta pemilih yang  tidak ada di DPT agar menyampaikan ke petugas PPS agar didata dalam DPK Pilpres, sehingga hak kontitusinya bisa digunakan,” katanya. (NT

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku