Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Profesionalisme dan Akuntabilitas serta semangat orang Basudara Kunci Sukses Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Maluku Barat Daya

Profesionalisme dan Akuntabilitas serta semangat orang Basudara Kunci Sukses Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Maluku Barat Daya

KPU Provinsi Maluku melanjutkan kegiatan sosialisasi UU No.8 Tahun 2015 tentang Perubahan atas UU No.1 Tahun 2015 tentang Penetapan Perppu No.1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang-Undang di Tiakur Kabupaten Maluku Barat Daya, Selasa 14/4/2015.  Empat Komisioner KPU Maluku hadir dalam penyampaian materi yaitu : Dra. Iriane S Pontoh, La Alwi,SH.MH, Hanafi Renwarin,S.Sos dan Syamsul Rifan Kubangun,SH.

Dalam sambutan pemerintah daerah Kabupaten Maluku Barat, Asisten I Drs. O Saununu menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih atas digelarnya kegiatan ini. Pentingnya kegiatan ini  diharapakan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat, partai politik, pemerintah daerah khususnya berkaitan dengan syarat pencalonan, pendaftaran pemilih dan partisipasi masyarakat, ujar Saununu

Profesionalisme dan Akuntabilitas dengan Semangat Orang Basudara di Bumi Kalwedo merupakan kunci suksesnya penyelenggaraan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Maluku Barat Daya, tandas Saununu.

Sejumlah isu yang menjadi pertanyaan para peserta mengenai syarat pencalonan bagi Pegawai Negeri Sipil dan Penjabat Bupati. Sebagaimana diatur dalam pasal 7 UU No.8 Tahun 2015 huruf q menyebutkan bahwa warga negara Indonesia dapat menjadi Calon Bupati dan Wakil Bupati adalah tidak berstatus sebagai Penjabat Walikota. Sedangkan pada huruf t menyebutkan mengundurkan diri sebagai anggota TNI,POLRI,dan PNS sejak mendaftarkan diri sebagai calon.

Selain itu,peserta juga menayakan berkaitan dengan tidak adanya putaran kedua dalam pemilihan, bagaimana apabila terdapat tiga pasangan calon yang diantaranya mendapat suara sama. Hal ini kemudian dijawab oleh Komisioner KPU Maluku bahwa dalam Draft PKPU tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil telah diatur apabila terdapat perolehan suara yang sama yang diperoleh lebih dari satu pasangan calon maka dilakukan berdasarkan pesebaran wilayah perolehan suara yang lebih luas secara berjenjang kebawah.

Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Wakarleli ini dihadiri oleh unsur DPRD, Pemda, Partai Politik dan Tokoh Masyarakat berjalan lancar dan sukses.

Check Also

Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode Semester I (Januari-Juni) Tahun 2021 Tingkat KPU Provinsi Maluku

(9/7/21) Jumat, 9 Juli 2021 bertempat di ruang rapat Kantor KPU Provinsi Maluku, telah dilaksanakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPU Provinsi Maluku