Home / ... Info Terkini / Berita Umum / Puluhan TPS di Maluku Cobos Ulang

Puluhan TPS di Maluku Cobos Ulang

AMBON-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku menyebutkan puluhan tempat pemungutan suara   (TPS) di sejumlah kabupaten dan kota di Maluku bakal menggelar pemungutan suara ulang (PSU) karena dilaporkan  terjadi kecurangan saat Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April lalu.

Ketua KPU Maluku Musa Latua Toekan menyatakan, hingga  kini sudah ada enam TPS yang menggelar PSU karena adanya kecurangan. Enam TPS itu yakni, empat TPS di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), satu TPS di Kota Dobo, Kepulauan Aru dan satu TPS di Kota Ambon.

Sedangkan, di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng, Panwaslu telah  merekomendasikan PSU di empat TPS   pada Kecamatan Teluti Sementara itu, 10 TPS di Desa Sepa, Kecamatan Amahai, KPU tengah menunggu rekomendasi  dari Panwaslu setempat untuk digelar PSU.

Selain itu menurut Musa, pihaknya juga kini menunggu rekomendasi dari Panwaslu Kabupaten SBT karena  16 TPS yang dilaporkan terjadi kecurangan saat Pileg 9 April lalu.  “Data yang  kami terima belum pasti, tapi banyak sekali yang harus dilakukan PSU karena dilaporkan terjadi kecurangan, tentu kami akan menegakan aturan dengan pemungutan suara ulang, saat ini KPU menunggu rekomendasi Panwaslu untuk pencoblosan ulang,” kata Musa saat diskusi publik tentang Pileg yang digelar Media Center KPU Maluku, Sabtu (12/4).

Ia menyebutkan, empat TPS di Kecamatan Teluti Kabupaten Malteng, dan satu TPS di Kota Ambon sudah ada rekomendasi Panwaslu untuk PSU, namun belum bisa dilakukan karena menunggu  surat suara Pileg dari KPU Pusat.  Ia menyatakan, jumlah surat suara untuk PSU di KPU Maluku terbatas, karena itu harus minta tambahan surat suara  dari KPU Pusat.

Musa menyatakan, PSU di Maluku  dilakukan karena ditemukan sejumlah kecurangan.  Diantaranya, pemilih mencoblos lebih dari satu kali, pemilih memilih menggunakan nama dan identitas orang yang sudah meninggal, serta pembagian surat suara sisa yang dilakukan KPSS kepada saksi partai dan calon anggota DPD RI untuk dicoblos. (NT)

Check Also

2 Berkas Calon Perseorangan Diterima 1 Ditolak

Bakal Pasangan Calon Perseorangan pada Pilkada 2020 telah ditetapkan Status dokumennya pertanggal 26 Februari 2020 ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

KPU Provinsi Maluku